Cara Mengatasi Mata Perih Karena Terlalu Lama di Depan Komputer

Komputer banyak digunakan untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia. Sayangnya bila terlalu lama duduk di depan komputer bisa memberikan bahaya bagi kesehatan, khususnya pada kesehatan mata.

Para ahli mencatat bahwa tingkat di mana kita berkedip menurun rerata lima kali ketika kita menatap layar komputer.

Sementara fungsi berkedip adalah untuk melumasi mata. Jjika kita melakukannya lebih kurang, maka mata akan menjadi kering dan sakit. Sindrom ini menyebabkan sakit kepala, mata berair, peradangan, penglihatan kabur, dan kesulitan fokus, serta risiko kerusakan permanen pada retina atau kornea.

Untuk mencegah hal itu terjadi, maka ada beberapa tips yang bisa dilakukan bila nada terbiasa dudukl lama di depan komputer. Berikut beberapa diantaranya sebagaimana yang dikutip dari laman Timesofindia:

1. Ambil istirahat secara teratur saat bekerja di depan komputer atau dari kegiatan membaca. Coba berjalan-jalan atau melihat ke kejauhan setiap 15 detik.

2. Bila dalam kehiduapan sehari-hari anda memamng berkacamata, maka pasang lensa yang bisa meredam sinar UV atau radiasi layar komputer.

3. Jaga jarak aman mata anda dari komputer, yaitu antara 45-60 cm. Pandangan antara mata ke monitor mengarah sedikit ke bawah atau sekitar 5-15° lebih rendah dari posisi horisontal pandangan mata.

4. Pastikan area kerja memiliki pencahayaan yang cukup. Usahakan menghindari pantulan lampu atau cahaya yang masuk ke monitor.

5. Coba dan jaga mata anda agar tetap berkedip saat fokus menatap ke layar.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan mata saat anda harus duduk lama di depan komputer. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Cara Mengatasi Mata Perih Karena Terlalu Lama di Depan Komputer | akbar | 4.5