Cara Mengatasi Gigi Sensitif

Perasaan tidak nyaman seringkali dirasakan oleh orang yang memiliki gigi sensitif. Pasalnya, gigi sensitif akan menyebabkan gigi sering merasa ngilu ketika hendak menikmati makanan hangat atau minuman yang dingin.

Penyebab gigi sensitif bisa karena beberapa hal. Mulai dari penurunan gusi, akibat proses bleaching, hingga karena terkikisnya email gigi. Gigi sensitif juga bisa muncul karena kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut serta kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu asam.

Cara Mengatasi Gigi yang Sensitif

Untuk cara mengatasi gigi sensitif bisa dilakukan dengan beberapa hal. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah gigi sensitif adalah dengan menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi gigi sensitif yang bisa dilakukan. Diantaranya:

1. Menghindari makanan asam

Makanan asam tertentu dapat menyerang enamel gigi. Karena itu, sebaiknya hindari konsumsi acar, jus buah, anggur merah dan beberapa jenis makanan asam lainnya yang dapat menyebabkan rasa sakit pada gigi.

2. Grinding gigi

Grinding gigi atau menggertakkan gigi berisiko dapat merusak enamel. Grinding gigi sendiri merupakan salah satu yang paling gangguan gigi merusak dan masalah yang sangat umum. Jika anda memiliki kebiasaan grinding gigi ketika tidur, maka kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan.

3. Gunakan pasta gigi khusus gii sensitif

Mulailah menggunakan pasta gigi yang dirancang untuk gigi sensitif. Walaupun masalah tidak bisa diselesaikan secara langsung, namun rasa sakit dan ngilu akan mereda secara perlahan. Bahan alami dalam pasta gigi khusus ini akan mengurangi rasa sakit.

4. Menghindari kafein

Hindari kafein, alkohol dan kebiasaan merokok yang dapat merusak kesehatan mulut. Hal ini juga dapat menyebabkan gigi sensitif.

5.Sikat gigi 2 menit

Sikat gigi selama 2 menit. Kemudian, gunakan sikat gigi yang lembut dan menyikatnya secara perlahan-lahan.

6. Jangan sepelekan masalah gusi

Segera periksa ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan sederhana bila anda memiliki masalah pada gusi.

7. Kunjungi dokter

Sangat penting bagi anda untuk mengunjungi dokter gigi untuk menjelaskan masalah yang dirasakan pada gigi. Dengan melakukan perawatan gigi yang rutin juga akan mencegah gigi sensitif.

Selain dengan menerapkan cara mengatasi masalah gigi sensitif diatas, penting juga bagi anda untuk melakukan pencegahan terhadap gigi sensitif. Beberapa cara mencegah gigi sensitif bisa dilakukan misalnya dengan tidak lekas menyikat gigi setelah makan. Karena menyikat gigi setelah makan bisa memicu terjadinya gigi sensitif karena PH di dalam mulut mengalami penurunan. Sehingga ada baiknya bagi anda untuk menunda menggosok gigi setelah makan atau melakukan sikat gigi 25 menit setelahnya.

Penting juga diperhatikan bagi anda untuk menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu lembut tanpa harus menggosoknya dengan kuat saat menggosok gigi. Hal ini bertujuan untuk mencegah pengikisan enamel gigi.

loading...
Loading...
cara memotong gigi secara alami, merek pasta gigi untuk gigi berlubang, manfaat putih telur untuk bibir, cara menumbuhkan gigi gingsul secara alami, cara mengkilapkan kuku dengan pasta gigi, cara bikin gigi gingsul, cara membuat gigi ginsul, cara membuat gigi menjadi gigi kelinci secara alami, gambar kata gigi gingsul, merek pasta gigi penghilang plak

Cara Mengatasi Gigi Sensitif | akbar | 4.5