Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Musim kemarau dengan cuaca yang panas seringkali membuat tubuh menjadi mudah terkena dehidrasi atau kekurangan cairan. Akibat dari itu kekurangan cairan dalam tubuh adalah bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Jika demikian, maka penampilan pun jadi terganggu.

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Bibir kering dan pecah-pecah tidak hanya mengganggu penampilan, namun seringkali juga menyebabkan bibir menjadi perih hingga hal itu dapat menurunkan nafsu makan. Karenanya, untuk bisa terbebas dari masalah bibir kering dan pecah-pecah ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.

1. Hentikan kebiasaan menjilat bibir

Membasahi bibir dengan cara menjilatnya sering dilakukan banyak orang untuk membuat kulit bibir menjadi terasa lebih nyaman. Namun hal itu ternyata justru akan menyebabkan bibir menjadi lebih kering dari sebelumnya. Penyebabnya adalah karena hilangnya minyak alami yang dihasilkan bibir guna melindunginya.

Untuk menghindari kebiasaan membasahi bibir dengan lidah, anda bisa menggunakan lip balm pahit yang tidak beraroma.

2. Perbanyak minum air putih

Dehidrasi adalah penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Karena itu, solusinya adalah dengan mencukupi cairan tubuh dengan air putih. Selain memperbanyak minum air putih, sebaiknya hindari juga makan makanan pedas dan terlalu asin dulu selama masa perawatan.

3. Hindari kafein dan rokok

Tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, namun minuman berkafein, alkohol dan merokok akan mengeringkan minyak alami pada bibir yang berfungsi untuk melindungi bibir sehingga bibir akan terlihat kusam dan menghitam.

4. Bersihkan bibir sebelum tidur

Caranya adalah dengan mengambil handuk dan rendam dalam air hangat. Setelah itu gosokkan pada bibir secara perlahan untuk mengangkat kulit mati yang menyebabkan bibir pecah-pecah.

Setelah halus, anda bisa menggunakan pelembap bibir yang berguna untuk menutrisi bibir saat tidur.

Itulah beberapada cara untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang bisa anda coba lakukan. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah | akbar | 4.5