Cara Mengatasi Anak yang Susah Tidur

Anak-anak membutuhkan lebih banyak waktu untuk istirahat dibanding orang dewasa. Setidaknya anak usia balita membutuhkan waktu tidur 12 jam sehari. Karena 75% hormon pertumbuhan dikeluarkan pada saat anak sedang tidur. Jam tidur yang kurang akan berpengaruh pada perkembangan otak psikologisnya.

Sayangnya, ketika anak sudah tahu apa itu bermain, maka anak biasanya akan mulai sulit untuk disuruh tidur. Tubuh yang terlalu capek bisa membuatnya justru kesulitan tidur atau bahkan saat tidur ia sering terbangun.

Cara Mengatasi Anak yang Susah Tidur

Untuk anda orang tua yang memiliki anak susah tidur, anda bisa mencoba tips berikut ini agar anak bisa tidur dengan mudah dan tepat waktu.

Atur waktu tidur yang rutin

Menjaga jadwal tidur sangatlah penting bagi anak. Dengan kebiasaan waktu tidur tepat waktu maka anak akan menyesuaikan sesuai dengan rutinitasnya dan mereka akan merasa mengantuk pada waktunya. Usahakan agar anak istirahat tetap pada jadwal selama liburan. Dengan demikian, mereka akan mengembangkan kebiasaan tidur yang sehat.

Perbaiki kebiasaan kebersihan tempat tidur

Sebisa mungkin hindari anak-anak menghabiskan terlalu banyak waktu di tempat tidur. Dari pekerjaan rumah sampai aktivitas makan, anak-anak suka melakukan segala sesuatu di tempat tidur. Hentikan kebiasaan ini. Tempat tidur yang kotor hanya akan membuat mereka tidak bisa tidur nyenyak. Jadi, ini adalah termasuk bagaimana menangani kesulitan tidur pada anak-anak.

Ajari teknik yang santai

Cara mengatasi insomnia pada anak-anak bisa lebih mudah jika orangtua mengajarkan mereka teknik untuk bersantai. Metode pernapasan dalam atau meditasi sebelum tidur bisa menjadi obat yang efektif untuk mengatasi anak kesulitan tidur.

Jauhkan TV dari tempat tidur

Meletakkan TV dengan menampilkan acara favorit anak bisa membuat anak merasa senang. Namun efek buruknya adalah anak menjadi lebih susah tidur. Karena itu, sebaiknya anda tidak memberikan TV di ruang tidur anak.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi anak susah tidur sebagaimana yang dikutp dari laman Boldsky. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Cara Mengatasi Anak yang Susah Tidur | akbar | 4.5