Cara Mengatasi Ambeien atau Wasir Pada Ibu Hamil

Ambeien atau wasir merupakan suatu kondisi di mana pembuluh vena di sekeliling anus atau rektum bagian bawah membengkak dan meradang. Wasir biasanya terjadi karena mengedan saat buang air besar. Kehamilan, usia lanjut, kesulitan buang air besar (konstipasi) dan terlalu banyak duduk meningkatkan risiko seseorang terkena wasir.

Untuk ibu hamil yang mengalami ambeien tidak perlu merasa cemas, karena pada dasarnya ambeien tidak berbahaya bagi janin. Ada beberapa jenis ambeien, ada yang keluar hanya pada saat BAB dan setelah itu bisa masuk kembali ke dalam dubur (dengan bantuan tangan atau pun tidak) ada juga yang sulit masuk kembali. Ambeien bisa dikategorikan berbahaya kalau ia keluar dan terjepit. Karena kalau terjepit bisa menimbulkan perdarahan. Pada wanita hamil, pembuluh darah akan membesar, maka dari itu rentan sekali terjadi perdarahan.

Cara Mengatasi Ambeien Pada Ibu Hamil

Saat buang air besar atau BAB, ibu hamil sebaiknya jangan terlalu kuat saat mengejan. Biasanya kita mengejan kuat disebabkan feses yang keras. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan pola makan agar BAB tidak keras. Hindari makanan pedas dan berminyak, perbanyak makan buah berserat tinggi dan banyak minum air putih. Hati-hati terhadap makanan yang mengandung zat besi yang tidak diolah khusus. Salah-salah malah merangsang ambeien kambuh lagi.

Memperbanyak konsumsi makanan berserat, banyak minum air putih dan rajin berolahraga bisa membantu mengatasi masalah ambeien pada ibu hamil.

Perlu diketahui juga bahwa ibu hamil penderita ambeien tidak berpengaruh saat melahirkan, karena jalan keluar si kecil dan ambeien berbeda. Namun dokter kandungan yang menangani proses persalinan nanti harus sabar, karena saat proses melahirkan mungkin saja ambeien juga ikut keluar. Oleh karena itu, ada baiknya jika ibu hamil mulai melakukan senam hamil agar bisa mengatur napas saat persalinan nanti.

loading...
Loading...
Cara Mengatasi Ambeien atau Wasir Pada Ibu Hamil | chsa | 4.5