Cara Mengajarkan Anak Agar Tidak Makan Permen

Makanan manis bisa merusak kesehatan gigi anak. Terlebih lagi bila makanan itu adalah permen. Permen sangat mudah merusak gigi karena permen bisa dengan mudah menempel di gigi. Jadi bila anak anda belum terbiasa menggosok gigi dengan benar dan bersih, maka ada baiknya agar anak tidak makan permen.

Cara mengajarkan anak untuk tidak makan permen memang susah, karena sebagai anak-anak sudah pasti menyukai makanan yang manis. Namun mau tidak mau anak harus mengurangi konsumsi permen untuk mencegah gigi berlubang atau sakit gigi.

Melarang anak untuk makan pemen bisa susah dilakukan, telebih bila anak sudah terbiasa. Karena itu, orang tua harus bijak dalam melarang anak makan permen.

Simak trik cara melarang anak makan permen yang bisa dilakukan orang tua berikut ini sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky.

Batasi porsi

Untuk mencegah anak kecanduan makan permen, larang anak secara perlahan saat dia menginginkan makan permen. Caranya adalah dengan memberi pengertian yang tepat akan risiko efek samping yang akan dihadapinya bila kebanyakan makan permen dengan perkataan halus dan mudah dimengerti agar anak mau menuruti.

Jaga perilaku

Saat anak anda marah atau menangis, jangan mencoba untuk menawarkan permen kepada si anak untuk menghentikan tangisnya. Cara menenangkan anak yang menangis dengan menawarkan permen adalah salah karena itu bisa menumbuhkan kebiasaan buruk untuk buah hati yang tidak semestinya.

Jadilah orangtua yang baik

Masa anak-anak masa meniru. Apa yang dilakukan orang tua akan dicontoh oleh anak. Karena itu, jangan pernah sekalipun anda makan permen di depan mereka, karena sama saja itu dengan mengajarkan kebiasaan buruk meski tanpa anda sengaja.

Mendidik

Ajarkan pada anak-anak anda tentang risiko kesehatan akibat terlalu banyak makan gula. Anda bisa secara bertahap mendidik anak agar mau meninggalkan kebiasaan makan permen setiap saat.

loading...
Loading...
Cara Mengajarkan Anak Agar Tidak Makan Permen | akbar | 4.5