Cara Mengajari Anak Agar Tidak Ngompol Saat Tidur

Banyak orang tua yang menganggap bahwa mengompol pada anak adalah hal yang biasa. Karena mereka beranggapan bahwa kebiasaan mengompol akan hilang dengan sendirinya. Jadi mereka membiarkan saja saat anak ngompol saat tidur tanpa mencari cara bagaimana agar anak tidak ngompol saat tidur. Sebagai langkah untuk mencegah air kencing anak meluber ke tempat tidur, maka anak akan dipakaikan pampers.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua unutk mnegajarkan anak agar tidak lagi ngompol saat tidur sebagaimana dikutip dari Tabloid Nakita:

Sabar dan Konsistem

Ya, anak-anak memang sudah sewajarnya bila mengompol saat tidur. Karena mereka belum bisa mengontrol kapan harus kencing dan bangun dari tidur saat merasa ingin kencing. Karena itu butuh kesabaran dan konsisten dari orang tua untuk mengajari anak agar tidak lagi ngompol saat tidur.

Mengubah Persepsi

Ubah sedikit persepsi bahwa mengompol itu adalah bagian dari proses belajar anak. Walau memang sesungguhnya dengan mengompol anak tahu bagaimana rasanya basah dan kotor.

Bantu anak mengenali mengompol itu bagaimana dan apa yang harus dilakukan, misalnya ganti baju. Setelah ganti pakaian, ingatkan anak untuk selalu lapor jika mau kencing. Respon yang tepat akan sangat membantu anak memahami perilakunya sendiri, sekaligus tahu bahwa mengompol itu rasanya tidak nyaman.

Latih Kebiasaan

kita dapat membiasakan anak untuk buang air kecil pada jam-jam tertentu sehingga akan membantu membentuk reaksi biologis secara teratur terkait dengan keinginan buang air kecil.

Jangan Marahi Anak

Saat anak mengompol orang tua tidak boleh memarahinya, tetapi justru berikan apresiasi ketika anak sudah dapat merasakan keinginan untuk pipis dan berani pergi ke kamar mandi. Ini akan membuat anak merasa usahanya untuk buang air kecil pada tempatnya berefek baik pada dirinya dan perilakunya biasanya akan berulang.

Yang Bisa Dilakukan Orang Tua Saat Anak Masih Ngompol Waktu Tidur

Bagi anak yang masih mengompol saat tidur malam hari, ada beberapa cara yang bisa orang tua lakukan. Berikut diantaranya:

1. Selalu biasakan anak untuk kencing sebelum tidur, sekaligus menjadikannya sebagai bagian dari ritual sebelum tidur.

2. Kurangi frekuensi minum pada anak saat mendekati jam tidur.

3. Bawa anak ke kamar mandi ketika jam tertentu di tengah malam. Hal ini tidak akan membangunkan anak-anak, justru akan membuat anak untuk memberanikan diri bangun ketika saat-saat ia tidur dan merasa ingin kencing.

4. Ingat, mengompol itu bukan perilaku yang disengaja. Karena itu jangan serta merta orang tua memarahi anak saat ia mengompol. Sebaliknya, bersikaplah santai dan tenang saat anak mengompol.

Merespon dengan tepat adalah kunci agar anak tidak lagi mengompol saat tidur. Ajak anak juga untuk membersihkan bekas mengompolnya, mulai mengambilkan pel hingga membawanya celana kotor ke tempat pakaian kotor. Peran kecil yang dilakukan anak pasti membantunya menumbuhkan rasa percaya dirinya, sehingga ia tahu mengompol itu tak nyaman dan akhirnya dapat mengontrol sendiri keinginan buang air kecil. Selamat mencoba.

loading...
Loading...
Anak kecil ngesek, ngetot anak kecil, ngentok anak kecil, anak kecil ngntot sama ibu, anak kecil ngetot, video anak kecil ngntot, bokeb anak kecil, bokeo anak kecil, bokap anak kecil, ngesek dengan anak kecil, foto anak kecil di perkosa, Foto anak kecil ngetot, video bokap anak kecil, Foto Ngetot Anak Kecil, foto perkosa anak kecil, ibu vs anak kecil, Ngesek anak kecil, anak kecil ngetot ibunya, anak kecil bokeb, Anak kecil 3gp, bokek anak kecil, sek anak kecil, foto susu anak kecil, video anak kecil ngent0t, anak perkosa ibu, foto ngentok anak kecil, ngento anak kecil, foto ewean anak kecil, video anak kecil ngetot, foto anak kecil ngesek

Cara Mengajari Anak Agar Tidak Ngompol Saat Tidur | akbar | 4.5