Cara Mengajari Anak Agar Suka Membaca

Membaca adalah kunci dari ilmu. Dengan membaca kita akan tahu lebih banyak ilmu pengetahuan.

Mengajarkan hobi membaca harus diterapkan pada anak sejak usia dini. Walau tidak mudah, hal ini harus orang tua lakukan. Karena dengan mengajarkan membaca sejak masa anak-anak, maka ketika sudah dewasa kelas ia akan terbiasa untuk selalu membaca.

Cara Mengajari Anak Agar Suka Membaca

Bagi orang tua yang ingin mengajarkan anaknya agar gemar membaca, ada beberapa trik khusus yang bisa dilakukan. Berikut beberapa diantaranya sebagaimana yang dikutip dari laman Kidspot.

1. Berikan buku yang anak suka

Setelah anak membaca buku yang mereka suka, buka obrolan tentang buku tersebut. Anda sebagai orang tua akan terkejut melihat kedekatan anak dengan buku tersebut dan seberapa banyak poin-poin yang dia ingat dalam buku tersebut.

2. Sempatkan waktu dengan anak untuk memilih buku-buku baru

Entah mengajaknya ke toko buku untuk membeli buku yang baru atau meminjam dari perpustakaan, jadikan kegiatan membaca buku sebagai rutinitas.

3. Pajang buku di seluruh titik di dalam rumah

Jangan biarkan anak terus menerus memegang remote tv atau memainkan gadget-nya. Lebih baik biasakan anak dengan lingkungan rumah yang penuh buku, dan akhirnya mempunyai slogan “sebuah rumah tak akan nyaman bila tak ada buku.”

4. Galakkan waktu membaca

Ini sangat memungkinkan, atur waktu membaca anak di waktu-waktu santai dan tak mengerjakan apapun. Pilih spot yang paling nyaman di rumah serta berikan buku favoritnya sehingga ia nyaman lalu menjadikan ini rutinitas yang tak boleh ditinggalkan.

Itulah beberapa trik cara asyik mengajarkan anak gemar membaca yang bisa orang tua coba lakukan. Dengan mengajarkan anak membaca sejak usia dini, maka anak akan terbiasa untuk selalu membaca dan itu akan memberikan banyak manfaat bagi anak, termasuk salah satunya adalah menambah ilmu dan pengetahuan.

loading...
About these ads

Loading...
Cara Mengajari Anak Agar Suka Membaca | akbar | 4.5