Cara Mendeteksi Kanker Payudara yang Bisa Dilakukan

Cara deteksi dini kanker payudara bagi kaum wanita menjadu sangat penting. Karena kanker payudara termasuk salah satu jenis kanker yang perlu diwaspadai oleh kaum wanita. Pasalnya, penyakit kanker payudara merupakan penyakit terganas kedua setelah kanker rahim.

Mengetahui cara deteksi kanker payudara sangat penting agar penyakit kanker payudara bisa diketahui sejak dini. Dengan demikian cara penanganan kanker payudara pun cepat bisa dilakukan.

Sayangnya, walau sudah mengetahui tentang bahaya kanker payudara, namyn masih banyak kaum wanita yang tidak tahu bagaimana cara mendeteksi kanker payudara.

Cara Deteksi Dini Kanker Payudara

Bila kanker payudara bisa dideteksi sejak dini maka pengobatan kanker payudara juga bisa dilakuakn lebih cepat dengan tingkat kesembuhan yang lebih tinggi. Dengan demikian pengobatan penderita kanker payudara tidak akan sampai pada tahap pengangkatan payudara.

Untuk cara mendeteksi kanker payudara sebenarnya mudah dilakukan. Pada payudara yang mengidap kanker maka akan terdapat benjolan. Benjolan tersebut jika disentuh tidak akan bergeser, melainkan tetap pada tempatnya. Selain itu ada kerutan pada payudara. Kanker tersebut sangat berbahaya, sebab akar dari kanker tersebut dekat dengan jantung dan paru-paru.

Selain dengan cara melakukan deteksi dini kanker payudara yang dilakukan sendiri, untuk mengetahui ada tidaknya kanker payudara maka bisa dilakukan dengan bantuan medis.

1. Mamografi

Pemeriksaan payudara paling populer untuk mencegah kanker adalah dengan teknik mamografi. Pada proses ini nantinya kedua payidara akan dijepit, lalu dicek oleh aliran sinar X berdosis rendah untuk melihat jaringan payudara, sehingga mudah terdeteksi dengan tepat. Bahkan, beberapa wanita usai melakukan mamografi langsung terdeteksi sel kanker di payudara bila ada.

2. Ultrasonografi (USG)

Anda tidak perlu merasa takut untuk melakukan pemeriksaan USG bila mendeteksi kanker payudara. Teknik ini sangat cocok diterapkan oleh wanita di bawah usia 40 tahun, ketika jaringan payudara masih padat dan baik.

3. Pemeriksaan klinis

Untuk mendeteksi dini kanker payudara anda juga perlu cek ke dokter secara rutin. Apalagi bila dalam keluarga anda ada riwayat genetik kanker payudara, dimana salah satu anggota keluarga anda ternyata ada yang pernah terkena kanker payudara. Karena itu, pergilah ke dokter spesialis kandungan, bidan atau perawat terlatih untuk cek payudara setiap tiga tahun sekali.

Itulah beberapa cara mendeteksi keberadaan kanker payudara. Perlu diketahui bahwa meskipun kanker payudara secara umum menyerang kaum wanita, namun bukan tidak mungkin pria juga bisa terkena kanker payudara.

Cara untuk mencegah kanker payudara yang bisa dilakukan diantaranya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, salah satunya adalah dengan makan makanan yang sehat untuk mencegah kanker payudara.

loading...
Loading...
boleh tidak tumor payudara makan jagung dan kacang tanah

Cara Mendeteksi Kanker Payudara yang Bisa Dilakukan | akbar | 4.5