Cara Mencegah Perut Buncit

Perut buncit sebenarnya berasal dari timbunan lemak ditubuh yang tidak terbakar saat proses metabolisme. Jika perut sudah jadi buncit, maka Anda harus bekerja ekstra keras untuk mengembalikan perut bisa menjadi rata kembali. Nah, daripada nantinya Anda capek dan menyiksa diri untuk membuat perut Anda agar tidak buncit lagi, maka lebih baik mulai sekarang Anda coba melakukan pencegahan menggunakan trik berikut ini.

1. Jangan makan terlalu cepat dan jangan sambil berdiri
Saat sedang terburu waktu seringkali kita makan dengan cepat dan sambil berdiri. Hal ini membuat udara tertahan dalam usus dan membentuk gas yang dapat memicu penggelembungan perut.

2. Kunyah makanan lebih lama
Untuk mempermudah mengunyah, potong makanan menjadi ukuran sekali suap. Mengunyah lebih lama dapat menekan keinginan kita untuk makan lebih banyak dan juga membantu melepaskan histamin yang menimbulkan rasa kenyang.

3. Kurangi Konsumsi makanan yang berfermentasi
Beberapa makanan seperti bawang, gandum, kubis berfermentasi dalam lambung saat dicerna. Selain bisa menimbulkan rasa tak nyaman di lambung, proses ini juga bisa mengakibatkan perut menjadi buncit.

4. Kurangi asupan lemak
Tubuh memang memerlukan lemak, namun mengkonsumsi banyak lemak dapat membuat perut jadi buncit. Konsumsi makanan yang dapat membantu membakar lemak, misalnya ikan laut yang kaya omega 3 atau bisa juga dengan minum teh hijau sebelum makan.

5. Bernapas lewat perut
Bernapas lewat perut dapat menekan stres dan menstimulasi kerja otot bagian perut. Coba tarik napas panjang, kemudian simpan udara di bagian perut. Tahan lima detik, dan hembuskan. Lakukan cara ini terutama saat nafsu ingin ngemil begitu besar.

6. Hindari sembelit
Sembelit atau susah buang air besar membuat perut menjadi bertambah besar. Untuk merangsang isi perut agar bisa buang air besar dengan lancar, tingkatkan konsumsi serat dari buah-buahan serta sayuran, lakukan secara gradual untuk menghindari fermentasi dan produksi gas yang berlebihan.

7. Rajin olahraga
Olahraga dapat membantu menggerakkan cairan yang ada di perut yang dapat menyebabkan perut besar dengan mendorongnya keluar dari jaringan dan kemudian masuk ke aliran darah untuk selanjutnya akan dikeluarkan sebagai keringat atau dibawa ke empedu untuk dikeluarkan sebagai urine. Salah satu jenis olahraga yang disarankan antara lain adalah aerobik.

loading...
Loading...
Cara Mencegah Perut Buncit | lawas | 4.5