Cara Mencegah Penyakit Asam Urat Naik

Ada beberapa faktor yang menyebabkan penyakit asam urat naik atau kambuh. Salah satu faktor penyebab asam urat biasanya adalah karena dari makanan yang dikonsumsinya.

Selain karena makanan, seseorang juga dapat beresiko terkena asam urat bila ia menderita masalah kesehatan seperti kelebihan berat badan (obesitas), memiliki hipertensi (tekanan darah tinggi) atau diabetes (penyakit gula).

Tidak hanya itu saja, seseorang juga beresiko menderita penyakit asam urat bila ia memiliki masalah pada ginjal. Hal ini karena pada seseorang yang bermasalah dengan ginjalnya maka pembuangan asam urat akan terganggu.

Kemudian bila dalam keluarganya ada riwayat menderita penyakit asam urat, maka ia juga akan lebih beresiko memiliki masalah dengan asam urat juga.

Makanan Penyebab Asam Urat Naik

Penyakit asam urat perlu diwaspadai terutama pada pria yang usianya sudah di atas 30 tahun. Karena dibanding wanita, penyakit asam ini lebih rentan dan cenderung menyerang pada kaum pria dan usia tua.

Umumnya penyebab asam urat naik adalah karena makanan. Untuk itu beberapa jenis makanan penyebab penyakit asam urat naik perlu dihindari, yaitu yang terutama adalah makanan yang berlemak dan jeroan. Namun tidak hanya itu saja, penderita asam urat juga dilarang untuk makan kacang-kacangan dan seluruh bagian melinjo seperti daun, buah dan bijinya karena hal itu sangat beresiko menaikkan asam urat.

Sebagaimana yang dikutip dari solopos.com, disebutkan bahwa seseorang beresiko terserang asam urat bila ia sering mengonsumsi makanan yang mengandung purin. Adapun contoh makanan yang mengandung purin misalnya adalah otak, hati, jantung, ginjal, kaldu, ikan sarden, ikan makarel, dan juga jenis kerang-kerangan. Sementara untuk jenis minuman, minuman keras juga perlu dihindari karena dapat juga meningkatkan risiko penyakit asam urat.

Cara Mengobati Penyakit Asam Urat

Bila sakit asam urat naik, maka dapat diringankan rasa sakit yang muncul dengan cara mengompress bagian sendi yang sakit dengan kantong es. Sementara dikutip dari alodokter.com, beberapa jenis obat pereda sakit seperti colchicine, OAINS (obat anti-inflamasi nonsteroid), dan obat-obatan golongan steroid juga dapat dikonsumsi.

Selain dengan cara olahraga yang rajin dan teratur, mengonsumsi obat penurun kadar asam urat (misalnya allopurinol) juga dapat mencegah kambuhnya serangan penyakit asam urat. Juga yang paling penting adalah keharusan bagi seseorang yang memiliki riwayat asam urat untuk menjauhi makanan-makanan pemicu penyakit asam urat. Kemudian bila ternyata memiliki berat badan yang berlebih, maka segeralah untuk menurunkan berat badan.

loading...
Loading...
Cara Mencegah Penyakit Asam Urat Naik | akbar | 4.5