Cara Mencegah Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi

Tidak sedikit orang yang mengabaikan penyakit kolesterol tekanan darah tinggi. Padahal, penyakit ini merupakan penyakit berbahaya dan harus diwaspadai karena merupakan faktor risiko pembunuh nomor satu manusia, penyakit jantung.

Untuk itu sudah seharusnya bila kita menyadari bahwa sangat penting untuk mencegah penyakit kolesterol dan tekanan darah tinggi. Selain dengan mengonsumsi makanan yang sehat, untuk cara mencegah kolesterol dan tekanan darah tinggi bisa dilakukan dengan beberapa hal, diantaranya:

1. Memilih makanan yang sehat

Untuk mengontrol kolesterol dan juga tekanan darah, maka dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan dan daging tanpa lemak sebagai menu diet sehari-hari. Tidak hanya itu saja, namun anda juga dianjurkan untuk menjauhi makanan cepat saji dan makanan kaleng.

2. Batasi asupan garam

Utuk mengontrol kolesterol dan juga tekanan darah juga bisa dilakukan dengan mengurangi konsumsi asupan garam dalam menu makanan. Salah satu caranya adalah dengan menghindari makanan asin seperti keripik dan makanan kaleng.

3. Menghindari alkohol

Menghindari minum minuman beralkohol juga bisa menjadi cara untuk mencegah penyakit kolesterol dan tekanan darah tinggi. Dengan cara menerapkan pola diet sehat, hal itu bisa menjadi awal untuk mulai mencegah terkena penyakit kolesterol dan tekanan darah tinggi.

4. Fokus untuk menurunkan berat badan

Tekanan darah dapat berkurang pada orang yang kelebihan berat badan dan berhasilkan menurunkannya 5 kg, demikian menurut sebuah penelitian. Karena itu, bila indeks massa tubuh anda tinggi, maka fokuslah untuk segera menurunkan berat badan.

5. Tetaplah untuk aktif

Pastikan tingkat aktivitas anda sehari-hari adalah sekira 30 menit. Karena bila tanpa aktivitas, maka mungkin anda tidak dapat mengatasi masalah kesehatan tertentu, termasuk kolesterol dan tekanan darah tinggi.

6. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok sangat tidak dianjurkan karena tidak baikl bagi kesehatan. Karena itu pada orang dengan tekanan darah tinggi sudah sepatutnya untuk berhenti dari kebiasaan merokok. Karena merokok dapat meningkatkan risiko masalah kardiovaskular.

7. Rutin cek tekanan darah

Untuk memantau segala jenis masalah pada tubuh, termasuk tekanan darah, maka sangat perlu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Jadikanlah langkah ini sebagai kebiasaan atau gaya hidup sehat untuk mencegah berbagai penyakit.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit kolesterol dan juga tekanan darah tinggi. Dengan kolesterol dan tekanan darah yang stabil maka sangat bermanfaat untuk mencegah anda dari serangan penyakit jantung yang mematikan.

loading...
Loading...
Cara Mencegah Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi | akbar | 4.5