Cara Mencegah Infeksi Mata Karena Polusi Udara

Paparan polusi udara saat ini sudah tidak dapat dihindarkan lagi, terlebih bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Polusi udara sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari asap kendaraan, asap pabrik, proses pembakaran sampah dan bahkan dari rumah tangga kala ibu memasak di dapur.

Selain memberikan efek buruk bagi pernapasan, bahaya akibat polusi udara juga tidak baik bagi kesehatan mata, dimana polusi dapat menyebabkan infeksi mata. Dengan tingginya tingkat polusi udara, maka hal itu bisa menyebabkan berbagai gangguan pada mata, mulai dari iritasi mata sederhana sampai alergi parah. Gejala umum gangguan mata yang biasanya muncul seperti kemerahan, mata berair, sensasi terbakar, sensasi gatal, dan sebagainya.

Cara Mencegah Infeksi Mata Karena Polusi Udara

Polutan seperti oksida nitrat, nitrogen dioksida, dan sulfur dioksida di udara membuat film air mata menjadi lebih asam, demikian menurut para ahli. Karena itu, untuk menghindari infeksi mata sebagai akibat dari paparan polusi udara, maka perlu dilakukan langkah pencegahan.

Beberapa langkah sederhana dapat dilakukan untuk mencegah infeksi mata akibat paparan polusi udara. Berikut diantaranya:

loading...

1. Sebisa mungkin untuk menghindari menggosok mata secara langsung, bahkan jika hal itu dilakukan untuk menghindari partikel halus yang masuk.

2. Untuk membantu membersihkan mata juga bisa dilakukan dengan cara mencuci mata dengan air bersih.

3. Untuk membantu mengurangi peradangan, maka bisa dilakukan dengan cara kompres mata dengan es atau air dingin.

4. Gunakanlah kacamata hitam saat di luar ruangan untuk menghiundari partikel debu dan paparan dari sinar ultraviolet.

5. Jika anda merasakan saklit pada mata, maka hindari memakai lensa kontak dan riasan mata.

6. Pastikan anda hanya menggunakan obat tetes mata yang diresepkan oleh dokter atau spesialis mata.

Itulah beberapa tips cara mencegah infeksi mata akibat dari paparan polusi udara sebagaimana yang dikutip dari laman Zeenews. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
cara menghilangkan pedes di mata karena perabotan baru

Cara Mencegah Infeksi Mata Karena Polusi Udara | akbar | 4.5