Cara Mencegah Gigitan Nyamuk Penyebar Virus Zika

Virus Zika menyebar melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti, nyamuk sejenis yang juga menyebarkan penyakit demam berdarah dengue. Virus Zika ditularkan melalui perantara nyamuk. Seseorang bisa terinfeksi virus Zika bila nyamuk yang menggigit sebelumnya juga menggigit penderita infeksi virus Zika.

Gejala penyakit virus Zika hampir mirip dengan demam berdarah dengue (DBD) dan demam cikungunya. Karena itu tidak mudah bagi seorang tenaga medis untuk mengetahui apakah seorang pasien terkena DBD, demam cikungunya atau virus Zika.

Secara kasat mata penyakit akibat virus Zika memiliki gejala berupa demam, kulit berbintik merah, sakit kepala, nyeri otot, kelemahan dan terjadi peradangan kongjungtiva. Tetapi untuk menentukannya membutuhkan tes laboratorium terhadap darah penderita.

Cara terbaik untuk menghindarkan seseorang dari terkena virus Zika adalah dengan menghindari gigitan nyamuk. Karena virus Zika ditularkan melalaui gigitan nyamuk. Jadi cara terbaik untuk mencegah virus zika adalah dengan menghindarkan diri dari gigitan nyamuk tersebut.

Walaupun virus Zika tidak sampai menyebabkan kematian, namun virus Zika tetaplah harus diwaspadai khususnya oleh ibu hamil. Karena bila ada ibu hamil yang terinfeksi virus Zika, menyebabkan bayi lahir dengan kelainan ukuran kepala lebih kecil.

Cara Mencegah Gigitan Nyamuk Penyebab Infeksi Virus Zika

Karena virus Zika menyebar melalui gigitan nyamuk, maka gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) melalui 3M plus adalah cara paling efektif untuk mengindari penularan virus Zika.

Untuk menghindari gigitan nyamuk, sebaiknya kenakan pakaian panjang dan tertutup, menggunakan obat oles antinyamuk, dan tidur menggunakan kelambu atau dalam kamar dengan kawat kassa antinyamuk. Selanjutnya, dianjurkan juga untuk segera memeriksakan diri ke dokter bila mengalami sakit yang dicurigai adalah akibat gigitan nyamuk.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan juga telah mengeluarkan travel advisory pada Rabu 3 Februari 2015 yang lalu sebagai upaya untuk melindungi masyarakat Indonesia terhadap kemungkinan tertular penyakit yang bersumber dari virus zika, yang sedang menjangkit di beberapa negara.

Dalam travel advisory tersebut, Menteri Kesehatan memberikan pesan kepada masyarakat bahwa bagi warga Indonesia yang hendak berkunjung negara yang sedang terjadi kejadian luar biasa (KLB) virus Zika, maka dianjurkan untuk menghindarkan diri dari gigitan nyamuk.

Terutama untuk wanita yang hamil dianjurkan sebaiknya tidak berkunjung ke negara yang sedang KLB penyakit virus zika. Jikalau memang terpaksa harus melakukan perjalanan ke negara tersebut, maka hendaknya sebisa mungkin melakukan tindakan pencegahan dari gigitan nyamuk secara ketat.

Adapun negara-negara yang mengalami KLB Virus zika yaitu Brazil, Cape Verde, Colombia, El Savador, Honduras, Martinique, Panama, dan Suriname.

Sementara itu negara-negara yang memiliki status transmisi aktif yaitu Barbados, Bolivia, Curacao, Republik Dominika, Ecuador, Fiji, French Guiana, Guadalope, Guatemala, Guyana, Haiti, Meksiko, New Caledonia, Nicaragua, Paraguay, Puerto Rico, Saint Martin, Samoa, Tonga, Thailand, US Virgin Islands, dan Venezuela.

loading...
Loading...
meme dbd, meme nyamuk demam berdarah

Cara Mencegah Gigitan Nyamuk Penyebar Virus Zika | akbar | 4.5