Cara Mencegah dan Melepaskan Gigitan Lintah atau Pacet

Lintah merupakan hewan penghisap darah yang biasa ditemukan di banyak tempat. Beberapa jenis lintah ada yang hidup di daratan, air tawar, dan juga laut. Linath yang hidup di darat biasanya dikenal dengan sebutan pacet.

Saat ini lintah sudah mulai dimanfaatkan dalam dunia pengobatan, yaitu dengan cara mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh manusia.

Ketika sedang berjalan-jalan di rawa, sawah atau hutan dengan kelembaban tinggi, semisal habis hujan maka keberadaan lintah perlu diwaspadai. Pasalnya air ludah dari lintah memiliki kandungan zat antipembekuan darah. Jadi ketika seseorang digigit oleh lintah maka darah akan terus mengalir ke luar dan masuk ke perut lintah. Pada orang yang peka terhadap zat tersebut, gigitan lintah akan menyebabkan reaksi yang berupa pembengkakan, gatal, dan kemerahan.

Cara Mencegah, Agar Tidak Digigit Lintah

Bila tujuan digigit lintah memang dapat digunakan untuk pengobatan yaitu dengan cara mengeluarkan darah kotor, maka tentu tidak demikian bila kita digigit lintah di sawah atau rawa. Anda tentu tidak ingin saat sedang asik jalan-jalan di sawah menikmati pemandangan yang indah harus terganggu dengan gigitan lintah.

Untuk itu, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk cara mencegah gigitan lintah. Misalnya adalah dengan melumuri atau menggosok kulit bagian kaki dengan tembakau. Bisa juga cara untuk mencegah dengan mengoleskan lotion obat anti nyamuk. Menyelipkan celana ke dalam sepatu juga dapat menghalagni kaki dari gigitan lintah.

Cara Melepas Gigitan Lintah

Lintah yang sudah terlanjur menggigit biasanya tidak akan bisa lepas dalam waktu cepat. Bahkan ketika dipaksa untuk dilepas maka gigitannya akan semakin kuat sehingga dapat menyebabkan rasa sakit ketika lintah ditarik untuk dilepas. Karena itu perlu dicoba beberapa cara untuk melepaskan gigitan lintah seperti berikut ini.

Untuk cara melepaskan lintah yang menggigit, maka kita bisa memanfaatkan racun dari nikotin yang terkandung dalam tembakau rokok. Caranya adalah dengan merendam sebatang rokok dalam air kemudian peras lalu air perasan rokok diteteskan ke lintah tersebut. Maka lintah akan melepaskan gigitan dengan sendirinya.

Cara lain yang bisa dicoba untuk melepaskan gigitan lintah adalah dengan menaburkan abu rokok dan garam ke area yang digigit oleh lintah. Kemudian setelah lintahnya lepas sebaiknya lakukan pemijatan di sekitar gigitan dengan segera hingga lukanya benar-benar bersih. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan dari resiko infeksi.

loading...
Loading...
gambar digigit lintah, gambar lintah di kaki, gatal kena air sawah, lintah perasan tembakau

Cara Mencegah dan Melepaskan Gigitan Lintah atau Pacet | akbar | 4.5