Cara Mencegah Berat Badan Naik Selama Puasa Ramadan

Puasa idealnya membuat berat badan seseorang menjadi lebih menurun. Namun terkadang karena pola makan yang tidak terjaga justru yang ada adalah berat badan menjadi naik karena puasa.

Banyak orang yang menjadikan buka puasa sebagai ajang untuk balas dendam karena seharian menahan lapar dan haus. Sementara itu, dengan alasan agar kuat puasa, maka porsi makan saat makan sahur pun jadi berlipat. Sementara saat berpuasa hanya tidur dan berbaring saja dengan alasan untuk menjaga energi. Jika demikian yang ada, maka tentunya memang benar bahwa berat badan justru akan bertambah.

Pola makan yang tidak terkontrol selama bulan Ramadhan memang tak jarang membuat berat badan seseorang justru meningkat. Karena itu, perlu dilakukan beberapa langkah sederhana untuk menghindari kenaikan berat badan selama berpuasa.

Cara Menghindari Berat Badan Naik Saat Puasa Ramadhan

Untuk mencegah agar berat badan tidak semakin bertambah, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Diantaranya:

1. Hindari makan berlebihan

Saat berbuka puasa, maka makan dan minumlah dengan porsi yang masuk akal dan tetap memoderasi menu makanan. Jangan jadikan waktu buka puasa sebagai ajang balas dendam setelah seharian menahan lapar dan haus.

2. Mengunyah makanan perlahan

Sangat penting untuk mengunyah makanan secara perlahan dapat membantu menghindari gangguan pencernaan.

3. Makanan pembuka

Sebagai menu berbuka puasa, setelah minum air mineral, kita bisa memilih sup atau salad. Setelahnya, kita akan merasa lebih kenyang.

4. Asupan mineral

Walau kita sedang menjalankan puasa di bulan Ramadan, buka berarti kita boleh mengabaikan asupan mineral 8 gelas setiap harinya. Kita bisa atur pembagian waktu konsumsi asupan mineral ini dari buka puasa hingga makan sahur lagi. Karena dengan tercukupinya asupan cairan maka akan menghindarkan tubuh kita dari dehidrasi.

5. Makan buah

Konsumsi buah-buahan segar tanpa tambahan gula bisa kita lakukan saat buka puasa. Sebaiknya pilihlah buah-buahan yang manis, sehingga asupan gula dalam tubuh tetap terpenuhi.

Demikian adalah tips bagaimana cara menjaga berat badan agar tidak naik selama puasa di bulan Ramadhan sebagaimana yang dikutip dari laman Khaleejtimes. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Cara Mencegah Berat Badan Naik Selama Puasa Ramadan | akbar | 4.5