Cara Mencegah Bau Mulut Saat Bangun Tidur

Tidak sedikit orang yang mengalami masalah bau mulut setiap pagi setelah bangun tidur. Bahkan tidak jarang meski sudah menyikat gigi, namun bau mulut tidak juga hilang.

Selain karena kuman, penyebab bau mulut di pagi hari juga bisa karena mulut kering selama tidur. Terlebih lagi bila ternyata saat tidur disertai mendengkur atau salah menggunakan obat pembersih mulut.

Anda atau siapa saja sebenarnya bisa bermasalah dengan mau mulut. Masalah bau mulut ini sebenarnya bisa diatasi dengan mudah sesaat anda bangun tidur, misalnya dengan segera menggosok gigi, minum air, atau bisa juga sarapan untuk membilas dan membasahi mulut anda.

Sebagaimana yang dikutip dari laman Breathmd, ada beberapa cara menghindari atau mengurangi bau mulut di pagi hari. Berikut beberapa diantaranya:

Jangan hanya gosok gigi sebelum tidur

Menggosok gigi sebelum tidur adalah hal dasar yang perlu anda lakukan setiap hari. Namun, bila ini dirasa tidak cukup, anda mungkin harus lebih benar membersihkan gigi anda atau membersihkan daerah mulut lainnya seperti lidah dan jauh ke gusi anda. Menggunakan obat kumur dan flossing juga sangat disarankan.

Jaga mulut agar tidak kering

Ada beberapa penyebab mulut kering, di antaranya paparan alkohol dan kebiasaan mendengkur atau bernapas lewat mulut. Sebelum tidur, hindari konsumsi alkohol, atau hati-hati menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol.

Kebiasaan mendengkur atau bernapas lewat mulut juga bisa membuat mulut kering. Akibatnya, anda akan merasakan bau mulut berlebih di pagi hari. Cara mencegah tidur mendengkur adalah dengan menghindari posisi tidur telentang dan coba tidur dengan posisi miring untuk menghindari anda mencari udara lewat mulut.

Berkumur dengan soda kue

Tidak ada salahnya anda coba berkumur dengan soda kue. Berkumur dengan soda kue sebelum tidur bisa menciptakan lingkungan alkali yang baik untuk membunuh bakteri. Tambahkan secangkir air dengan satu sendok soda kue, lalu berkumurlah selama semenit. Atau telan sebentar larutan tersebut, agar bisa mengenai daerah tenggorokkan yang bisa menjadi sarang kuman.

loading...
Loading...
Cara Mencegah Bau Mulut Saat Bangun Tidur | lawas | 4.5