Cara Mencegah Asam Lambung Naik Saat Buka Puasa

Buka puasa seringkali menjadi momen untuk balas dendam setelah seharian tidak makan dan minum karena berpuasa. Hasilnya, apapun yang ada di meja makan dilahap hingga habis tanpa pandang bulu. Bukan demikian?

Ya, lapar memang seringkali membuat orang lupa diri. Bagi anda yang mempunya masalah lambung, melahap semua makanan tanpa pandang bulu sekaligus saat buka puasa bisa memicu naiknya asam lambung, seperti GERD.

Cara Mencegah Naiknya Asam Lambung Saat Buka Puasa

Bagi yang mempunya masalah lambung, berpuasa memang menjadi tantang tersendiri. Perlu mengatur pola makan dan asupan yang dikonsumsi agar tidak bermasalah dengan asam lambung naik, khususnya saat buka puasa.

Untuk menhindari naiknya asam lambung, maka saat berbuka, makanlah secara bertahap. Karena sering kali keluhan pada lambung muncul setelah berbuka puasa atau pada malam hari.

Makanlah secara bertahap. Jangan langsung makan makanan berat langsung. Anda bisa minum air putih dan kurma dulu. Makan kolak atau bubur juga boleh. Baru setelah shalat tarawih nanti bisa anda lanjut dengan makan makanan berat seperti nasi. Tapi ingat, jangan langsung porsi besar. Akan lebih baik bila anda mungkin empat kali makan, tapi dengan porsi sedikit.

Asupan saat makanan juga harus diperhatikan, baik saat buka puasa maupun makan sahur. Bila selama ini anda memang sudah punya masalah lambung, maka sebaiknya memang anda hindari makanan yang digoreng, cokelat, makanan yang tinggi lemak, dan juga mi instan. Juga yang tak kalah pentingnya adalah hindari juga minuman yang bisa merangsang reaksi lambung. Contoh minuman yang harus dihindari saat puasa karena bisa merangsang lambung adalah soft drink, kopi atau teh pekat.

Selain itu, berikan waktu jeda sekitar dua jam antara waktu makan dan tidur malam. Tidak ada halangan berpuasa bagi umat muslim yang memiliki masalah pada lambungnya.

Beberapa kasus masalah pada lambung bisa diatasi dengan obat-obat sehingga tetap bisa menjalankan ibadah puasa. Bila anda mempunya masalah lambung yang cukup berat, maka ada baiknya bila berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk berpuasa di bulan Ramadhan.

Itula beberapa tips cara mencegah asam lambung naik saat buka puasa. Dengan menerapkan tips di atas, maka anda pun tidak perlu lagi khawatir dengan masalah naiknya asam lambung selama berpuasa di bulan Ramadhan.

loading...
Loading...
Cara Mencegah Asam Lambung Naik Saat Buka Puasa | akbar | 4.5