Cara Menanamkan Rasa Disiplin Pada Anak

Cara mengajarkan kedisiplinan harus dilakukan pada anak sejak usia dini. Dengan demikian anak akan lebih mudah diajarkan bagaimana cara mendisiplinkan diri. Sehingga ketika dewasa nanti anak sudah terbiasa hidup disiplin.

Dikutip dari laman Time of India, ada empat cara untuk menanamkan nilai moral tentang kedisiplinan pada anak yang bisa orang tua lakukan. Berikut diantaranya:

1. Berikan Reward untuk Perbuatan Baik

Berikan penghargaan (reward) setiap kali anak melakukan hal benar. Penghargaan tersebut bisa berupa pujian kepada si buah hati. Atau ketika anak selalu tepat bangun tidur dan masuk sekolah, maka orang tua boleh memberinya kado khusus di akhir bulan. Hal ini bisa memotivasi anak untuk selalu berusaha displin.

2. Menetapkan Aturan Tertentu

Anda sebagai orang tua boleh membuat daftar aturan dan hukuman apa saja yang akan diterima terhadap pelanggaran aturan. Tujuan dari daftar aturan dan hukuman tersebut adalah untuk mengarahkan anak agar lebih berhati-hati dalam berperilaku.

3. Taktik yang Halus

Jangan berkata kasar pada anak bila ada hal tak benar yang dilakukan oleh anak. Akan lebih baik bila anda mendiamkan anak untuk beberapa saat. Bahkan, anda boleh saja tidak membelikan permen atau makanan favoritnya bila si anak tidak disiplin atau melakukan hal tidak terpuji.

4. Mengatur Rutinitas Anak

Mengatur rutinitas anak di sini maksudnya adalah mengingatkan si anak dengan rutinitas yang memang harus ia kerjakan, seperti sekolah, les, atau bermain misalnya. Arahkan anak anda agar bisa tepat waktu dalam setiap melakukan kegiatan rutinnya.

Selain keempat cara diatas, untuk belajar disiplin anak juga perlu contoh. Untuk itu, berikan anak contoh yang baik.

Masa anak-anak adalah masa ia meniru. Jadi apa yang orang tua lakukan, itulah yang bisa jadi akan ia contoh.

Jadi sangat penting bagi orang tua untuk mencontohkan perilaku yang baik agar si kecil menirunya. Menurut penelitian, teknik itu selalu direspon baik oleh anak-anak. Sebab, memberi si kecil contoh dari apa yang harus dilakukan, bukan apa yang tidak boleh dilakukan.

Anak-anak lebih mudah meniru perilaku orang dewasa. Mereka lebih mudah menerima pendekatan itu dari pada diberi tahu apa yang tidak boleh mereka lakukan.

loading...
Loading...
Cara Menanamkan Rasa Disiplin Pada Anak | akbar | 4.5