Loading...

Cara menajamkan kembali pisau dan gunting yang tumpul

Di dalam rumah tentu anda memliki perkakas atau peralatan rumah tangga berupa pisau dan gunting. Baik itu peralatan dapur atau untuk pribadi jika dipakai secara terus menerus maka akan rentan tumpul sehingga tidak bisa digunakan kembali. Pisau yang tumpul tidak dapat memotong dengan maksimal baik itu memotong bahan-bahan dapur sepert buah, sayuran dan daging. Begitu pula dengan gunting yang sudah tumpul tidak bisa digunakan untuk memotong plastik, kertas dan bahan-bahan lainnya yang bisa dipotong dengan benda tajam tersebut.

Untuk mengembalikkan ketajaman dari pisau dan gunting tentu diperlukan trik khusus seandainya anda tidak memiliki batu pengasah benda tajam di rumah. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah:

  1. Pisau atau gunting yang tumpul.
  2. Gelas kaca bening, jika tidak ada bisa gunakan mangkuk keramik atau mangkuk kaca.

Cara mengasahnya adalah sebagai berikut:

  • Ambil gunting yang tumpul. Kemudian jepit bagian tajamnya di pegangan gelas seolah-olah anda ingin menggunting bagian gelas tersebut.
  • Kemudian asah perlahan-lahan dengan cara ‘menggunting’ bagian pegangan gelas sampai anda merasa mata pisau gunting terasa licin dan tidak seret sewaktu diasah.
  • Sekarang cobalah untuk menggunting plastik atau kertas dan rasakan ketajamannya kembali.
  • Untuk pisau, ambil pisau dapur yang sudah tumpul dan asah di bagian bawah atau pantat mangkuk.
  • Anda bisa mengasahnya dari depan ke belakang dan dilakukan secara berulang-ulang sampai anda merasa bahwa pisau sudah cukup terasah tajam.
  • Hal yang sama juga berlaku jika anda menggunakan pegangan gelas kaca sebaga media pengasah.
  • Agar lebih aman, sebaiknya tidurkan gelas atau mangkuk dengan dipegang tangan kiri anda dan asahlah pisau dengan menggunakan tangan kanan secara menyamping demi menghindari kontak langsung dengan badan.
  • Setelah itu anda bisa mencoba menggunakannya kembali untuk memotong bahan-bahan dapur. Apakah sudah terasa tajam kembali? Jika belum, asah lagi sampai ia dapat memotong dengan sempurna.

Dengan cara mengasah pisau dan gunting yang mudah dan praktis, peralatan rumah tangga anda akan tetap awet dan terjaga. Jika belum rusak dan masih bisa dipakai, asahlah kedua benda tajam tersebut jika hanya mata pisaunya saja yang tumpul.

loading...
Loading...
cara mengasah gunting kuku, cara menajamkan gunting kuku, cara mengasah gunting, cara menyepuh pisau agar tajam, cara mengasah gunting sasak, cara mengasah pisau, cara mengasah tang potong, cara mengasah pisau cukur lipat, cara mengasah gunting rumput rumah, cara menajamkan silet, cara menajamkan pisau, cara mengasah gunting cukur, cara mengasah gunting rumput, cara mengasah pisau agar awet tajamnya, cara menajamkan gunting, cara menajamkan gunting rumput, Gunting rumput yg bagus seperti apa, cara mengasah gunting stainless, mengasah gunting dengan gelas, mata pisau gunting tajam tapi terasa tumpul, gmn cara menggasah pisau supaya tajamnya awet, cara mengasah gunting supaya tidak timpul, cara agar pisau tajam lagi, cara memperbaiki peruncing yang tumpul, tips mengasah pisau dapur

Cara menajamkan kembali pisau dan gunting yang tumpul | akbar | 4.5