Cara Memperbaiki Sitemap Error untuk Plugin Google XML Sitemap

Fungsi sitemap adalah sebagai peta situs yang berisikan daftar artikel seluruh isi blog. Biasanya sitemap berisi seluruh daftar posting dari awal sampai akhir. Sitemap merupakan hal yang oenting yang harus dimiliki dalam sebuah blog atau web.

Sitemap tidak hanya berguna bagi pengunjung blog, namun juga berguna untuk SEO. Dengan adanya sitemap maka hal ini akan navigasi blog / web anda sehingga Search engine seperti Google akan lebih mudah untuk meng-index blog hingga pada akhirnya hal ini akan membuat blog semakin mudah ditemukan di search engine.

Berbagai cara membuat sitemap blog bisa kita lakukan, baik secara manual ataupun menggunakan plugin (khususnya pengguna WordPress). Salah satu plugin untuk membuat sitemap yang cukup populer di kalangan pengguna WordPress adalah plugin Google XML Sitemaps. Plugin ini cukup populer dan banyak digunakan karena kemudahannya dalam pengaturannya.

Namun, ada satu kendala yang sering dialami oleh pengguna plugin Google XML Sitemaps adalah tidak jarang plugin ini error sehingga akan menampilkan pesan “XML Parsing Error: XML or text declaration not at start of entity”. Penyebab munculnya pesan error ini adalah karena baris kode tidak ditulis di awal (terdetiksi baris pertama kosong). Pengalaman hal ini terjadi setelah pindah hosting, atau mungkin juga lainnya. Lupa 🙂

Untuk cara memperbaiki plugin Google XML Sitemaps error dengan pesan “XML Parsing Error: XML or text declaration not at start of entity” ini sebenarnya sangat mudah. Kita bisa menggunakan tambahan plugin Fix Rss Feeds atau mengupload file tambahan ke directory utama blog.

Cara Memperbaiki Plugin Google XML Sitemaps Pesan Error “XML Parsing Error: XML or text declaration not at start of entity” dengan Plugin Fix Rss Feeds

Untuk cara ini sangat mudah. Cukup install plugin Fix Rss Feeds lalu aktifkan. Buka menu Settings >> Fix Rss Feeds >> klik tombol “Fix wordpress rss feed error”. Selesai. Silahkan cek sitemap blog dengan cara akses http://namadomain.com/sitemap.xml

Selain dengan plugin Fix Rss Feeds, kita juga memperbaiki sitemap yang error dengan mengupload file wejnswpwhitespacefix.php (silahkan download di sini) ke directory utama blog. Setelah itu tambahkan baris kode berikut di file index.php:

<?php
include(“wejnswpwhitespacefix.php”);
// Short and sweet
define(‘WP_USE_THEMES’, true);
require(‘./wp-blog-header.php’);
?>

Selesai. Silahkan coba akses sitemap blog anda.

loading...
Loading...
feeds biru

Cara Memperbaiki Sitemap Error untuk Plugin Google XML Sitemap | akbar | 4.5