Cara Memilih Posisi Tidur yang Tepat Untuk Kesehatan

Posisi Tidur yang Baik untuk KesehatanTidur bukan hanya sekedar perkara memejamkan mata dimana tubuh memasuki masa istirahat untuk mengembalikan energi setelah beraktivitas seharian penuh, tetapi tidur sangat penting bagi kesehatan tubuh. Salah satu hal yang harus diperhatikan, posisi tidur dapat menentukan kualitas tidur dan memperngaruhi seseorang untuk mendengkur, timbulnya keriput dan garis-garis halus serta gangguan kondisi kesehatan lainnya.

Cara Memilih Posisi Tidur yang Tepat Untuk Kesehatan

Berikut cara tepat memilih posisi tidur yang baik untuk kesehatan, termasuk kelebihan dan kekurangan dari posisi tidur tersebut, seperti dilansir dari healtmeup.com.

1. Posisi Tidur Terlentang
Para profesional medis setuju bahwa tidur terlentang adalah posisi terbaik untuk kesehatan tulang belakang dan leher. Kelebihan tidur terlentang juga dapat membantu mencegah garis-garis halus dan pembentukan kerut pada kulit wajah. Serat-serat kain yang menekan kulit wajah mempercepat datangnya keriput, sehingga posisi tidur terlentang dengan wajah menghadap ke atas membantu mencegah keriput.

2. Posisi Tidur Menyamping
Tiidur menyamping ini adalah posisi paling umum, tapi sangat baik bagi para ibu hamil, karena mampu meningkatkan sirkulasi darah ke jantung. Posisi ini juga sangat dianjurkan karena dapat mengurangi mulas dan asam refluks.

Kekurangan posisi tidur menyamping dapat meningkatkan tekanan pada perut dan paru-paru, menyebabkan lengan mati rasa akibat terbatasnya aliran darah, bahu lebih berat menopang berat badan sehingga otot leher dan bahu menjadi kaku. Bahkan bagi wanita, efek gravitasi bisa menyebabkan payudara mengendur.

3. Posisi Tidur Tengkurap
Posisi ini diyakini sebagai posisi kurang baik untuk kesehatan, dimana dapat menyebabkan sakit punggung dan jika sepanjang malam kepala hanya berpaling ke satu sisi dapat mengakibatkan sakit leher serta menyebabkan kulit wajah cepat keriput dan berjerawat. Sedangkan kelebihan posisi tengkurap dapat mengurangi mendengkur dan membuat lebih cepat dan nyenyak tidur.

Demikian cara memilih posisi tidur yang tepat untuk kesehatan, pada dasarnya untuk mendapatkan kenyamanan saat tidur tidak hanya dari posisi tidur yang dilakukan, tetapi media pendukungnya seperti kasur dan bantal memiliki pengaruh untuk memberikan efek yang baik bagi kesehatan tubuh.

loading...
Loading...
Cara Memilih Posisi Tidur yang Tepat Untuk Kesehatan | chsa | 4.5