Cara Memilih Durian yang Berkualitas Baik dan Manis Rasanya

Buah durian merupakan salah satu jenis bukan dengan ciri khas dimana kulit luarnya memiliki duri yang sangat tajam. Karena itu memegang kulit durian harus hati-hati.

Cita rasa dan baunya yang khas membuat buah durian cukup populer dan banyak digemari. Namun dari baunya yang khas tersebut juga yang menjadikan alasan orang untuk tidak menyukainya, bahkan tidak jarang karena hanya mencium baunya saja bisa membuat seseorang merasa mual dan bahkan muntah.

Dibalik kelezatan buah durian, ada banyak kandungan gizi buah durian. Diantara kandungan gizi durian adalah bahwa di dalam daging buahnya terdapat karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium (Ca), fosfor (P), asam folat, magnesium (Mg), potasium/kalium (K), zat besi (Fe), zinc, mangaan (Mn), tembaga (Cu), karoten, vitamin C, thiamin, niacin, dan riboflavin. Durian juga mengandung gula yang cukup banyak.

Cara Memilih Buah Durian yang Manis Rasanya

Sebenarnya cara memilih buah durian tidaklah sulit. Untuk anda yang belum tahu, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar buah durian yang anda pilih rasanya enak dan berkualitas baik.

Perhatikan tangkai buah

Kesegaran buah dapat ditentukan dari tangkainya, termasuk buah durian. Amati tangkai durian, jika tangkai durian pendek dan tebal, biasanya daging buah lebih besar dan tebal pula. Selain itu buah durian yang manis, legit dan nikmat, haruslah matang pohon. Buah yang matang pohon ini bisa terlihat dari tangkainya yang terlihat kering dan tak berstruktur.

Tangkai buah juga bisa menjadi indikator apakah buah tersebut masih baru ataukah sudah lama dan matang hasil dari diperam.

Guncangkan

Kebanyakan peminat durian, menggemari buah durian yang kering dan matang. Satu cara mudah untuk mengetahuinya adalah dengan mengguncangkan buah dan merasakan ketukan kecil. Isi durian yang kering dan tidak lembab ini ditandai dengan ketukan kecil yang terdengar ketika buah digoncang.

Pilih yang mulus tanpa lubang

Buah durian sangat rentan diserang oleh hama perusak. Untuk meminimalisir hal tersebut, pilihlah buah yang tidak berlubang. Selain khawatir terdapat larva yang ada di dalam daging buah, kulit buah berlubang juga dikhawatirkan dapat membuat daging cepat busuk dan rasanya tidak enak.

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Makan Buah Durian

Bagi anda penikmat buah durian, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bila anda ingin makan buah durian.

Buah durian mengandung gula yang cukup tinggi sehingga untuk penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsinya. Ibu hamil juga dianjurkan untuk tidak makan buah durian karena sifat panas yang dimiliki buah durian. Juga, untuk anda yang baru saja makan obat, minum minuman bersoda atau alkohol sangat tidak dianjurkan untuk makan buah durian.

loading...
Loading...
vitamin yang mengandung tembaga

Cara Memilih Durian yang Berkualitas Baik dan Manis Rasanya | akbar | 4.5