Cara Membuat Teh Daun Pepaya Sebagai Antikanker

Daun pepaya sudah dikenal sejak dulu mempunyai banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari obat sembelit hingga untuk mencegah kanker.

Selain dengan dikonsumsi sebagai bahan sayur, daun pepaya juga bisa dikonsumsi dengan sebelumnya terlebih dahulu dibuat menjadi teh. Teh daun pepaya merupakan salah satu solusi alternatif minuman kesehatan untuk mencegah berbagai jenis penyakit, termasuk juga sebagai antikanker.

Cara Membuat Teh Daun Pepaya

Untuk membuat teh daun pepaya, maka daun pepaya yang digunakan adalah daun pepaya yang masih muda atau tidak terlalu tua. Selanjutnya daun pepaya dicuci hingga bersih menggunakan air yang mengalir lalu ditiriskan untuk selanjutnya adalah dikeringkan.

Proses pengeringan daun pepaya sendiri bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dijemur atau bisa juga dengan cara di-oven.

Untuk mengeringkan daun pepaya dengan cara dijemur, maka letakkan daun diatas penampan, lalu jemur hingga kering. Lamanya proses penjemuran dilakukan kurang lebih selama 4-5 hari, tergantung cerah tidaknya cuaca.

Sementara bila ingin mengeringkan daun pepaya dengan cara di-oven, maka letakkan daun pepaya yang sudah dicuci diatas loyang datar, lalu masukkan oven. Tunggu hingga daunnya mengering.

Setelah proses pengeringan daun pepaya selesai, maka langkah selanjutnya adalah menumbuk daun pepaya hingga halus. Baru setelah itu daun pepaya yang sudah ditumbuk halus bisa diseduh dengan air panas.

Teh daun pepaya ini bisa diminum 2 kali sehari secara rutin. Kandungan dalam teh daun pepaya akan mengurangi sel tumor penyebab kanker. Pengunaan teh daun pepaya ini memerlukan jangka waktu tertentu untuk mengetahui khasiatnya.

Namun karena pada dasarnya daun pepaya mempunyai rasa pahit, maka setelah dibuat menjadi teh pun akan menghasilkan rasa pahit. Oleh karena itu, teh daun pepaya ini biasanya hanya digunakan sebagai jamu atau obat tradisional.

loading...
About these ads

Loading...
Cara Membuat Teh Daun Pepaya Sebagai Antikanker | akbar | 4.5
teh daun pepaya, cara membuat teh daun pepaya, cara membuat teh dari daun, gbr daunsembelit, cara buat teh pepaya, cara membuat teh dari daun pepaya, pembuatan teh dari daun pepaya