Cara Membuat Obat Batuk Sendiri dari Bahan yang Alami

Batuk merupakan gangguan kesehatan yang sering dan mungkin pernah dialami oleh setiap orang. Saat serangan batuk datang, seseorang akan kesulitan untuk berkonsentrasi.

Batuk merupakan refleks dari tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang ada dalam saluran pernapasa, baik itu lendir atau debu. Sebelum anda memutuskan untuk membeli obat batuk yang ada banyak dijual di apotek, tidak ada salahnya bila anda mencoba membuat sendiri obat batuk dari bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar.

Karena dari bahan alami, maka membuat sendiri obat batuk juga lebih aman dari pada obat batuk dari resep dokter.

Cara Membuat Obat Batuk Sendiri dari Bahan yang Alami

Berikut ini adalah resep bagaimana cara membuat obat batuk dari bahan yang alami sebagaimana dikutip dari laman Boldsky.

Siapkan dulu bahan-bahannya seperti satu ruas jahe, dua sendok makan madu, beberapa tetes lemon atau jeruk nipis dan merica.

Manfaat jahe yaitu memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi peradangan di tenggorokan sehingga membantu meringankan batuk terus-menerus. Manfaat madu bisa menenangkan sakit tenggorokan dan memudahkan lendir keluar. Sementara itu manfaat dari merica dan lemon bisa membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi.

Penelitian telah menunjukkan, ramuan yang diperoleh dengan bahan-bahan ini juga dapat menenangkan membran tenggorokan yang teriritasi dan menghilangkan lendir dari paru-paru.

Caranya: Jahe dan merica dihaluskan, tambahkan beberapa tetes lemon dan madu dalam mangkuk. Semua bahan ini dicampur dan panaskan selama sekitar 5 menit, sampai sedikit cair. Lalu dinginkan. Sirup obat batuk pun siap untuk dikonsumsi. Minum obat batuk ini 2 sendok teh setidaknya dua kali dalam sehari untuk hasil yang terbaik.

loading...
About these ads

Loading...
Cara Membuat Obat Batuk Sendiri dari Bahan yang Alami | akbar | 4.5