Cara Membuat Gorengan Terasa Lebih Crispy

Gorengan menjadi salah satu makanan camilan favorit banyak orang. Walau dikatakan bahwa gorengan menjadi salah satu makanan yang tidak sehat, namun tetap saja makanan ini banyak penggemarnya.

Salah satu efek bahaya bila terlalu sering makan makanan yang digoreng adalah kolesterol. Selain kolesterol, gangguan lain yang juga diakibatkan dari konsumsi gorengan adalah gangguan pencernaan.

Terlepas dari efek buruk konsumsi gorengan, dalam cara membuat gorengan yang lezat, maka tidak hanya sekadar mencelupkan bahan makanan ke dalam adonan, lalu digoreng dalam minyak panas dan dalam jumlah yangbanyak.

Cara Membuat Gorengan Terasa Lebih Crispy

Selain gurih gorengan yang dicari banyak orang adalah yang memiliki tekstur yang kriuk dan krispi. Untuk itu, dalam membuat gorengan agar lebih crispy maka perlu digunakan bahan tambahan. Bukan plastik atau lilin yang banyak diberitakan dalam media cetak dan televisi beberapa waktu yang lalu. Namun bahan tambahan pelengkap untuk membuat gorengan lebis krispi adalah air soda.

Penggunaan air soda dalam membuat adonan untuk membuat gorengan lebih crispy tentu saja jauh lebih aman. Jadi anda tidak perlu khawatir.

Adonan tepung jika berpadu dengan air soda, maka reaksinya akan membuat sedikit gelembung. Dan jika tepung adonan yang berpadu dengan bahan makanan, lalu digoreng, hasilnya akan lebih crispy.

Tapi perlu diingat, karena air soda rentan terhadap panas, maka suhu adonan harus dijaga agar tetap dingin. Untuk itu pada saat membuat adonan sebaiknya gunakan air es agar fungsi soda tidak rusak. Pengadukan yang terlalu lama akan menyebabkan gelembung terlalu banyak sehingga adonan menjadi lemah saat digoreng. Selain itu, hasil gorengan akan mekar, tetapi mudah berkerut dan tidak renyah.

Selain dengan air soda, untuk cara membuat tekstur gorengan yang lebih renyah dan crispy juga bisa digunakan dengan menambahkan telur dan susu ke dalam adonan.

Penggunaan telur, terutama kuning telur dapat difungsikan sebagai pengikat adonan. Tidak hanya itu saja, karena telur juga akan memberi rasa gurih pada hasil gorengan. Namun sebagai konsekuensinya, adonan akan berwarna kekuningan sehingga cenderung gelap setelah digoreng.

Sementara dengan menambahkan susu akan membuat struktur adonan menjadi lebih kuat. Susu juga bisa mengurangi warna kecokelatan akibat reaksi gula dengan panas. Untuk membuat gorengan lebih renyah, anda bisa menggunakan susu bubuk ataupun susu cair.

Itulah beberapa cara membuat gorengan yang renyah dan crispy yang dapat anda coba lakukan. Semoga bermanfaat.

Gorengan merupakan camilan nikmat yang cukup populer dan banyak digemari oleh segenap kalangan masyarakat. Namun perlu diingat bahwa sebaiknya konsumsi gorengan jangan terlalu berlebihan untuk menghindari efek buruk yang mungkin akan timbul. Juga dalam membuat gorengan jangan menggunakan minyak goreng yang sudah digunakan berulang kali.

loading...
Loading...
cara membuat knalpot ember, pipit kijang, gambar nyambek, cara membuat kapur barus, cara membuat tangga lipat dari kayu, efek telur untuk krispi, kegunaan air soda di gorengan

Cara Membuat Gorengan Terasa Lebih Crispy | akbar | 4.5