Cara Membuat Curriculum Vitae Surat Lamaran Pekerjaan Agar Diterima Bekerja

Curriculum vitae atau biasa disebut CV merupakan penjelasan diri yang berisi sejarang singkat mengenai diri seseorang. Melalui curriculum vitae, seorang perekrut atau bagian penerimaan kepegawaian dapat mengetahui diri seseorang yang sedang melamar pekerjaan. Dalam sebuah curriculum vitae biasanya disertakan foto, dan data singkat mengenai diri calon pelamar, semisal riwayat sekolah, alamat, serta kelebihan yang dimiliki oleh seorang calon pelamar kerja.

Meski kelihatannya sepele, namun karena kurang referensi, calon pelamar kerja kerap melakukan kesalahan yang tidak disadari dalam membuat sebuah curriculum vitae. Memang kesalahan tersebut tidak mutlak membuat mereka ditolak, tetapi bisa memperkecil peluang diterima.

Berikut ini adalah beberapa bagian dalam membuat curriculum vitae yang perlu Anda perhatikan, sehingga kemungkinan peluang untuk diterima bekerja menjadi lebih besar:

Foto
Pilihlah foto yang membuat Anda terlihat profesional. Jangan menggunakan foto yang sudah lama, dan juga jangan menggunakan foto yang Anda ambil dari Facebook, hanya karena Anda merasa itu merupakan penampilan terbaik Anda. Bagaimana Anda mau dianggap serius jika foto yang dilampirkan saja terlihat main-main dan hasil crop?
Buatlah foto yang simpel. Pergilah ke studio foto dan bikin satu foto yang bagus – untuk investasi Anda ketika melamar pekerjaan.

Alamat email
Jangan asal-asalan dan terlalu personal dalam menggunakan email untuk dicantumkan di curriculum vitae. Buatlah satu akun email dengan nama asli Anda untuk keperluan resmi. Jangan sampai Anda kalah bersaing dengan pelamar lainnya hanya karena alamat email Anda menggelikan.

Informasi yang tepat
Karena tidak mau repot dan ingin menghemat, mungkin Anda kemudian membuat CV yang sama untuk Anda kirimkan ke semua perusahaan tempat Anda melamar.

Hal itu salah, ada baiknya bila Anda membekan penekanan pada prestasi atau keahlian yang relevan dengan posisi yang sedang Anda incar. Anda tidak perlu mencantumkan prestasi “pemenang lomba karaoke” bila ternyata memang posisi yang Anda inginkan tidak membutuhkan keahlian bernyanyi.

Untuk informasi pendidikan juga cukup dimulai dari SMA saja, tidak perlu dimulai dari taman bermain dan TK. Intinya, tekankan pada informasi yang bisa menunjukkan Anda adalah orang yang tepat untuk menempati posisi tersebut.

Terlalu panjang
Buatlah CV yang singkat, padat namun dapat menjelaskan Anda secara lengpat.
Mungkin ada setumpuk surat lamaran yang diterima oleh perekrut, jadi satu menit pertama amat menentukan. Buatlah kesan yang baik di surat lamaran sehingga mereka mau membaca hingga habis.

Anda boleh menyertakan alamat LinkedIn atau blog yang berisi portofolio bila diperlukan. Tetapi apa pun yang terjadi, jangan pernah meminta perekrut untuk mendownload sendiri CV Anda dari Internet. Tidak semua kantor punya koneksi bagus.

Jiplakan
Para perekrut tentunya sudah sering membaca bertumpuk CV, jadi mereka bisa mengenali mana yang jiplakan dan yang bukan. Usahakanlah membuat surat lamaran dengan kalimat orisinal untuk meningkatkan kemungkinan Anda diterima.

Jika Anda belum memiliki pengalaman, Anda bisa menceritakan poin kekuatan Anda yang cocok untuk pekerjaan yang diincar. Tak perlu membuat surat lamaran yang terlalu panjang. Fokus pada kekuatan Anda dan tentunya jangan lupa mencantumkan informasi kontak agar mudah dihubungi oleh perekrut ataupun tempat di mana Anda melamar pekerjaan.

loading...
Loading...
Cara Membuat Curriculum Vitae Surat Lamaran Pekerjaan Agar Diterima Bekerja | lawas | 4.5