Cara Membersihkan Plak Penyebab Karang Gigi dengan Mudah dan Alami

Dibutuhkan biaya yang besar untuk melakukan perawatan ke dokter gigi. Karena itu, bila kita mampu menjaga gigi, maka kita tidak harus melakukan perawatan ke dokter gigi secara rutin.

Plak merupakan lapisan tipis dari mikroorganisme, sisa makanan dan bahan organik yang terbentuk di gigi, dan terkadang juga ditemukan pada gusi dan lidah. Plak yang dibiarkan dan tidak dibersihkan lama kelamaan akan membentuk karang gigi yang semakin sulit untuk dibersihkan dan mengganggu kesehatan gigi.

Untuk cara menjaga kesehatan gigi agar terbebas dari plak maupun karang gigi, maka kita harus rajin membersihkan gigi. Terutama setelah makan pagi dan menjelang tidur.

Munculnya plak dan karang gigi terkadang bisa membuat napas menjadi tidak sedap dan tentu saja akan mengganggu keindahan gigi dimana dapat menyebabkan gigi menjadi kuning hingga kecokelatan.

Selain dengan rajin menyikat gigi dengan cara yang benar sebagaimana umumnya dilakukan, membersihkan plak penyebab karang gigi bisa dilakukan dengan beberapa cara tanpa harus ke dokter gigi untuk melakukan perawatan. Berikut diantaranya:

1. Gosok Gigi dengan Biji Wijen dan Garam

Dikutip dari Healthy Life Vision, biji wijen dan garam bisa digunakan untuk menggatasi masalah plak penyebab karang gigi.

Yang pertama, kunyah beberapa biji wijen hingga terasa di halus di dalam mulut, tapi jangan ditelan. Kemudian, sikat gigi anda secara perlahan menggunakan sikat kering. Proses ini akan membuat pecahan biji wijen dan karang gigi bergesekan dan secara perlahan-lahan akan mengikis karang gigi.

Yang kedua dengan memakai garam dapur. Anda bisa menggunakan garam sebagai pengganti pasta gigi untuk menyikat gigi. Kemudian kumur dengan memakai air dingin. Cara ini bisa dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Berkumur denga Air Rebusan Daun Sirih

Di pasaran kini kita bisa dengan mudah menemukan berbagai obat kumur buatan pabrik yang memiliki fungsi, indikasi dan efek samping masing-masing. Namun bila anda malas untuk menggunakan obat kumur buatan pabrik, maka anda juga bisa mencoba obat kumur buatan sendiri.

Anda bias berkumur dengan air rebusan daun sirih sebagai obat kumur alternatif yang mempunyai khasiat yang baik terhadap plak gigi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa air rebusan daun sirih ini terbukti menurunkan skor plak dalam rongga mulut, demikian sebagaimana yang dikutip dari klikdokter.

Demikian mengenai bagaimana caranya membersihkan plak penyebab karang gigi secara alami yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat.

loading...
About these ads

Loading...
Cara Membersihkan Plak Penyebab Karang Gigi dengan Mudah dan Alami | akbar | 4.5
cara membua mounthwash sendri, kering setelah sikat gigi, mulut kering setelah gosok gigi