Cara Membersihkan Filter Saringan Udara Pada Sepeda Motor

Sepeda motor merupakan kendaraan pribadi yang hampir selalu digunakan setiap hari. Karena itu perawatan secara rutin sepeda motor akan sangat bermanfaat untuk mencegah adanya kendala dalam pemakaian sepeda motor saat di jalan nantinya.

Selain bagian luar, bagian dalam motor juga perlu dilakukan perawatan. Termasuk yang perlu dilakukan perawatan secara rutin adalah saringan udara. Saringan udara merupakan salah satu rangkaian dari sistem bahan bakar sepeda motor. Fungsi dari filter udara pada sepeda motor adalah untuk menyaring udara bebas dari luar sebelum masuk ke ruang pembakaran.

Cara Membersihkan Sendiri Filter Saringan Udara Pada Sepeda Motor

Untuk membersihkan filter saringan udara pada sepeda motor tidaklah harus anda bawa ke bengkel motor. Karena anda pun bisa membersihkan sendiri filter saringan udara tersebut. Berikut ini adalah cara merawat saringan udara dari buku ‘Teknisi Otodidak Sepeda Motor’ karya Marsudi, sebagaimana yang dikutip dari Okezone.com.

1. Lepaskan saringan udara, periksa, dan bersihkan dari kotoran dan debu.

2. Apabila elemen saringan udara motor anda terbuat dari busa urethena, maka anda bisa mencucinya dengan cairan (solven) yang tidak mudah terbakar kemudian peras secara perlahan. Jangan bersihkan dengan bensin atau cairan lain yang mengandung unsur kimia karena menyebabkan elemen tersebut menjadi mudah terbakar, lapuk, dan kurang menyerap.

3. Untuk elemen saringan udara yang terbuat dari bahan kertas, apabila permukaannya sudah kotor, maka langkah pertama yang bisa dilakukan adalah ketoklah elemen secara perlahan agar debu dan kotoran terlepas. Kemudian tiup elemen dengan embusan udara kompresor dari dalam ke luar. Untuk elemen kertas ini tidak bisa dibersihkan dengan cairan. Oleh karena itu anda harus menggantinya secara periodik.

Saringan udara merupakan salah satu komponen yang sangat penting di ruang pembakaran. Pada umumnya masalah yang dialami adalah filter udara kotor. Bila filter udara yang kotor karena sumbatan debu akan menghambat volume udara yang dibutuhkan mesin, akibatnya pengkabutan tidak berimbang karena lebih banyak menggunakan bahan bakar dibandingkan udara. Hal seperti ini yang membuat motor akhirnya lebih boros bahan bakar ketika digunakan.

loading...
Loading...
cara membuat filter udara sepeda motor sendiri

Cara Membersihkan Filter Saringan Udara Pada Sepeda Motor | akbar | 4.5