Cara Membedakan Beras Asli dengan Beras Oplosan Biji Plastik

Masyarakat sebaiknya kini mulai berhati-hati saat membeli beras. Pasalnya saat ini beredar beras yang dioplos dengan biji plastik. Apalagi biji plastik tersebut memiliki bentuk dan warna yang sama seperti beras pada umumnya.

Jika dilihat secara kasat mata, maka beras dari biji plastik ini tampak seperti beras pada umumnya. Namun ketika dimasak beras dari biji plastik tidak larut dalam air. Jika dibuat menjadi bubur, maka beras oplosan biji plastik tidak menyatu dengan air.

Salah satu cara membedakan beras asli dengan berasa palsu dari biji plastik adalah dengan mematahkannya. Jika mental maka itu adalah biji plastik bukan beras asli.

Ciri-ciri Beras Asli

Rasanya lebih empuk dan lembut ketika sudah masak.

Ciri-ciri Beras Oplosan Biji Plastik

Rasanya kenyal, beras bahkan terkesan belum matang meski sudah dimasak.

Sementara untuk cara membedakan beras asli dengan beras palsu yang dioplos dengan biji plastik saat masih mentah sulit jika tidak dilihat dengan jeli karena kemiripan keduanya.

Menurut Dewi Setiani, warga Bekasi, Jawa Barat yang menjadi salah satu korban dari ulah nakal penjual beras oplosan biji plastik, “Saat dimasak menjadi nasi, maka airnya posisi di atas tidak menyatu dengan nasi. Saat masak bubur nasi mengendap ke bawah air ke atas. Jadi airnya tidak tidak menyatu dengan nasi. Saat diproses lagi dengan ditambah air, beras palsu malah pecah tidak seperti sebagaimana saat masak bubur seperti biasanya”.

Beredarnya beras oploasan yang diduga mengandung biji plastik tidak hanya terjadi di indonesia. Pekan lalu, sejumlah negara juga digegerkan dengan adanya temuan beras biji plastik yang diimpor dari Tiongkok.

loading...
Loading...
ciri ciri beras oplosan

Cara Membedakan Beras Asli dengan Beras Oplosan Biji Plastik | akbar | 4.5