Cara Membedakan Ban Tubeless dan Ban Tubetype Biasa

Ban merupakan salah satu komponen paling penting dari sepeda motor, karena ban menjadi satu-satunya bagian yang langsung bersentuhan dengan aspal (jalan). Sayangnya, masih banyak pemilik sepeda motor yang tidak tahu jenis ban apa yang mereka pakai, terlebih lagi bila mereka ditanya tentang berapa ukuran bannya.

Mengenal komponen pada sepeda motor, dalam hal ini adalah ban, sangat penting dan bisa berguna jika suatu ketika mengalami kendala di jalan.

Banyak orang yang tidak tahu jenis ban yang digunakan untuk sepeda motornya. Dikira pakai ban biasa, namun ternyata motornya sudah memakai ban tubeless. Begitu juga sebaliknya, banyak yang menyangka kalau motor baru pasti menggunakan ban tubeless, padahal itu belum tentu juga.

Cara Membedakan Ban Tubeless dengan Ban Tubetype Biasa yang Menggunakan Ban Dalam

Ada tips cara mudah untuk membedakan ban tubeless dengan ban biasa. Cara yang paling mudah bisa dilihat dari bagian pentil. Pada ban biasa yang memakai ban dalam pentilnya berbeda dengan jenis tubeless. Lalu cara yang kedua adalah bisa dilihat dari tulisan yang ada di dinding ban, apakah jenis Tubeless atau jenis Tubetype.

Profil Ban

Pada umumnya ban dengan ban dalam berprofil lebih kotak. Ban jenis ini sulit untuk diajak bermanuver pada kecepatan tinggi. Ban tubetype lebih cocok digunakan oleh pengendara yang tidak suka memacu kendaraan, alias hanya untuk kecepatan rendah. Sementara itu, ban tubeless memiliki profil yang lebih bulat. Hal ini membuat sepeda motor lebih stabil saat digunakan untuk bermanuver pada kecepatan tinggi.

Usia Ban

Jika ban tubeless hanya mampu bertahan sekitar satu sampai satu setengah tahun, maka untuk jenis ban tubetype dengan ban dalam biasanya mampu bertahan lebih dari dua tahun.

Kelebihan Ban Tubeles Dibandingkan Ban Tubetype Biasa Menggunakan Ban dalam

Ban tubeless memiliki kelebihan, yaitu ban jenis ini lebih tahan bocor, tapi bukan berarti ban tubeless anti-bocor. Banyak orang salah dan menganggap ban tubeless itu anti-bocor. Padahal bukan anti, tapi lebih tahan bocor. Kalau dibiarkan angin di dalam ban pasti akan berkurang. Idealnya, saat memasang ban tubeless, mintalah agar dilapisi dengan produk cairan pelumas ban anti-bocor untuk ban tubeless yang sudah banyak beredar di pasaran.

loading...
About these ads

Loading...
Cara Membedakan Ban Tubeless dan Ban Tubetype Biasa | akbar | 4.5
ciri ciri ban tubles, ciri ciri ban tubeless motor, membedakan ban tubless dgn biasa, ciri2 ban tubles dari dop angin, ciri2 ban tubbles pada mobil, ciri cirin ban tubles dan ban biasa, cara membedakan ban mobil brigsone tubles, ciri ciri ban tubeless dan tidak, ciri ciri ban mobil tubeles, ciri ban tubles, ciri ban tubeless, ciri ban motor tubeless, sebutkan ciri ciri ban tubeless