Loading...

Cara Membedakan Antara Daging Sapi dan Daging Babi

Menjelang hari lebaran Idul Fitri, harga barang sembako biasanya akan ikut naik, temasuk juga daging sapi. Hal inilah yang kemudian banyak dimanfaatkan oleh oknum nakat untuk mengoplos daging sapi dengan daging babi untuk mendapatkan keuntungan berlipat.

Menurut Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pandeglang Onah di Pandeglang, seperti yang dikutip dari Liputan6.com, ada beberapa perbedaan antara daging sapi/kerbau dengan babi hutan atau celeng yang bisa diketahui oleh masyarakat.

Warna Daging
Warna daging babi lebih pucat dari daging sapi. Warna daging babi mendekati warna daging ayam.

Serat Daging
Untuk serat daging sapi lebih padat dan garis-garis seratnya terlihat jelas, berbeda dengan babi yang seratnya samar dan sangat renggang.

Lemak Daging
Lemak daging babi memiliki tekstur lebih elastis sementara lemak sapi lebih kaku dan berbentuk. Selain itu, lemak pada babi sangat basah dan sulit dilepas dari dagingnya sementara lemak daging sapi agak kering dan tampak berserat.

Tekstur Daging
Tekstur pada daging sapi lebih kaku dan padat dibanding dengan daging babi yang lembek dan mudah diregangkan.

Aroma Daging
Untuk daging babi memiliki aroma khas, sementara aroma daging sapi adalah anyir seperti yang telah diketahui semua masyarakat.

Lokasi penjualan
Biasanya, lokasi penjualan dilakukan ditempat yang agak gelap dan cukup terpisah dari yang lainnya sehingga tidak menjadi pusat perhatian orang banyak serta sulit untuk membedakan apakah itu daging sapi murni atau oplosan.

Perlu diketahui juga, biasanya daging sapi yang dioplos dengan daging babi ini tidak akan terus menerus diletakkan di meja, hanya akan dikeluarkan ketika ada yang menanyakan “adakah daging yang murah”. Untuk itu, masyarakat sebaiknya waspada bila ada penjual yang menjual dagingnya lebih murah dibandingkan dengan penjual lainnya.

loading...
Loading...
ciri ciri daging babi, ciri ciri daging celeng setelah dimasak, Daging celeng, manfaat paru sapi, perbedaan daging sapi dan celeng, khasiat daging musang, bakso dari daging ular, baso ular, perbedaan daging sapi dan babi, manfaat daging musang untuk kesehatan, Ciri-ciri daging babi, ciri ciri daging rusa, manfaat daging luwak, gigi gatal setelah makan daging, kandungan daging musang, ciri daging babi, Perbedaan daging sapi dan babi setelah dimasak, bentuk daging babi, cara membedakan daging sapi dan celeng, daging musang, bakso dari ular, perbedaan daging sapi dengan daging celeng, khasiat daging luwak, baso daging ular, perbedaan daging babi dan sapi, cara membedakan daging sapi dengan daging celeng, manfaat mengkonsumsi daging musang, perbedaan daging sapi dan daging babi, manfaat makan daging musang, ciri ciri daging kelinci

Cara Membedakan Antara Daging Sapi dan Daging Babi | akbar | 4.5