Cara Mematikan Komputer Otomatis Pada Jam yang Sudah Ditentukan

Sering menonton film atau sekedar memutar musik di komputer di tempat tidur?

Ya, mengasikkan memang melakukan hal tersebut. Namun seringkali kita lupa mematikan komputer karena kita ketiduran hingga berjam-jam lamanya. Jika demikian, ini tentu adalah pemborosan energi listrik. Padahal, pemborosan listrik akan menyebabkan pengeluaran akan semakin membengkak.

Bila anda biasa mendengarkan musik atau menonton film di komputer saat di tempat tidur, maka anda bisa mencoba untuk mematikan komputer secara otomatis. Jadi anda bisa mengatur kira-kira berapa lama anda akan tertidur atau anda bisa mengatur jam berapa komputer akan mato sendiri secara otomatis.

Cara Mematikan Komputer Otomatis di Jam yang Sudah Ditentukan Tanpa Menggunakan Software

Salah satu cara mematikan komputer secara otomatis dimana waktu komputer mati kita bisa kita sesuaikan dengan keinginan adalah menggunakan Task Scheduler.

Task Scheduler adalah aplikasi atau program asli bawaan microsoft. Setiap komputer yang menggunakan OS Windows pastilah ada aplikasi Task Scheduler di komputernya. Nah, bila anda ingin mematikan komputer secara otomatis menggunakan aplikasi bawaan Windows, maka anda bisa mengikuti langkah berikut in:

1. Buka Task Scheduler

Di Windows 7, klik Start → Control Panel → System and Security → Administrative Tools → Task Scheduler. Pada Windows 8, tekan tombol Windows, ketik “schedule tasks”, dan pilih “Schedule tasks” dari hasil pencarian.

2. Klik “Create Basic Task”

Pilihan ini tersedia dalam menu “Actions” di sisi kanan jendela. Silahkan beri nama dan deskripsi dari tugas komputer yang akan dibuat. Beri nama yang mudah diingat, seperti “Matikan Komputer Otomatis”. Klik Next > untuk melanjutkan.

3. Atur Waktu Komputer Mati

Anda bisa memilih kapan komputer akan dimatikan secara otomatis. Bisa harian, mingguan atau sekali waktu saja. Misalnya sekali waktu saja anda ingin mematikan komputer.

Pilih “One time” pada halaman “Task Trigger” dan klik tombol Next>. Silahkan atur waktu yang diinginkan untuk mematikan komputer lalu klik tombol Next >.

4. Pilih tugas yang Diinginkan

Silahkan pilih “Start a program” pada layar “Actions”. Pilihan ini biasanya sudah otomatis. Klik tombol Next> untuk melanjutkan.

5. Cari lokasi file shutdown.exe

Saat komputer mematikan komputer, pada dasarnya itu komputer sedang mengakses program atau script shutdown.exe

Karena itu kita akan menjalankan program tersebut untuk dieksekusi oleh komputer pada jam yang sudah kita tentukan, yaitu untuk mematikan komputer.

Klik “Browse” lalu arahkan atau cari lokasi shutdown.exe yaitu di C:\Windows\System32\shutdown.exe

Klik tombol Next > untuk melanjutkan.

6. Selesai

Anda bisa meninjau ulang tugas dari komputer yang anda buat, yaitu untuk mengeksekusi file shutdown.exe pada jam atau waktu yang sudah kita tentukan untuk mematikan komputer secara otomatis. Jika sudah benar semuanya, silahkan tekan tombol Finish.

Anda pun sekarang bisa santai mendengarkan musik atau menonton film di komputer tanpa khawatir akan pemborosan listrik karena anda sering menyalakan komputer tanpa guna karena komputer anda secara otomatis akan melakukan “Shut Down” pada jam dan waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.

Galery Gambar Cara Shutdown Komputer Secara Otomatis Tanpa Software

loading...
Loading...
cara menyalakan komputer nmemberi waktu yang ditentukan, membuat komputer shutdown dengan waktu yg sudah di rentukan

Cara Mematikan Komputer Otomatis Pada Jam yang Sudah Ditentukan | akbar | 4.5