Cara Melindungi Diri dari Dampak Buruk Akibat Paparan Kabut Asap Kebarakan Hutan

Bencana kabut asap akibat dari kebakaran hutan sudah berlangsung cukup lama. Berbagai bantuan dari luar pun berdatangan guna memadamkan kebakaran hutan yang terjadi di beberapa lokasi di Sumatera dan Kalimantan.

Akibat paling terasa dari kebakaran hutan adalah munculnya kabut asap yang selain mengganggu jarak pandang juga menyebabkan ancaman gangguan kesehatan. Ancaman penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) hingga masalah pencernaan mengancam masyarakat yang terpapar asap kebakaran hutan.

Cara Melindungi Diri dari Dampak Buruk Akibat Menghirup Kabut Asap Kebarakan Hutan

Ketika seseorang terkena paparan asap kebakaran maka akan menyebabkan seseorang gampang jatuh sakit, baik ringan hingga berat. Beberapa faktor dapat mempengaruhi resiko terkena penyakit ketika menghirup asap dari kebakaran hutan. Setidaknya ada lima yang ikut mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang yang terkena paparan asap, yaitu seberapa pekatnya asap, seberapa besarnya kontak seseorang dengan asap, daya tahan tubuh seseorang, ada tidaknya alergi dan ada tidaknya penyakit kronik pada orang yang terkena asap kebarakan hutan.

Karena itu, penting bagi setiap orang untuk melindungi diri agar terhindar dari dampak buruk akibat dari menghirup asap kebakaran hutan. Berikut adalah empat hal yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari dampak buruk asap kebakaran hutan, diantaranya:

1. Kurangi aktivitas di luar ruangan dan pakailah masker

Bagi anda yang berada di kawasan terpapar asap, maka sebaiknya mengurangi atau bahkan menghindari aktivitas di luar rumah. Terutama bagi anda yang menderita penyakit jantung dan gangguan pernafasan. Selain itu, usahakan agar udara yang tercemar oleh kabut asap dari luar tidak masuk ke dalam rumah, sekolah, kantor dan ruang tertutup lainnya.

2. Lakukan gaya hidup bersih sehat

Resiko terkena penyakit akan semakin besar kala seseorang memiliki gaya hidup kurang sehat. Karena itu untuk mencegah efek buruk asap kebakaran terhadap kesehatan tubuh, maka pastikan anda dan keluarga menerapkan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) misalnya saja dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, tidak merokok dan melakukan istirahat yang cukup.

3. Segera berobat ke dokter bila mengalami gangguan bernafas

Ketika anda atau keluarga merasa kesulitan bernafas, batuk berkepanjangan, nyeri dada dan gangguan lainnya, maka segeralah berkonsultasi ke dokter atau petugas kesehatan.

Untuk anda sebelumnya sudah mempunyai masalah dengan gangguan paru dan jantung, maka mintalah nasehat kepada dokter untuk perlindungan tambahan sesuai kondisi.

4. Cuci bersih dan masak makanan dengan baik

Asap dan debu kebakaran hutan tidak hanya dapat mencemari udara, namun juga dapat mengontaminasi bahan pangan yang dikonsumsi. Maka dari itu, pastikan bahwa makanan serta air minum terlindungi dengan baik. Sebelum dikonsumsi, maka usahakan agar buah-buahan dan sayur-sayuran dicuci bersih terlebih dahulu. Bahan makanan dan minuman yang dimasak juga perlu di masak dengan baik.

loading...
Loading...
makalah tentang kabut asap, dp prasangka buruk, makalah kabut asap, dada terasa ser

Cara Melindungi Diri dari Dampak Buruk Akibat Paparan Kabut Asap Kebarakan Hutan | akbar | 4.5