Cara Melatih Anak Agar Bisa Bertanggung Jawab

Sebagai orang tua kita wajib untuk mengajarkan tanggung jawab kepada anak. Hal ini sangat penting karena akan berpengaruh pada kepribadian saat ia sudah dewasa kelak. Dengan mengajarkan tanggung jawab sejak masih kecil maka ia akan terbiasa untuk selalu bertanggung jawab dalam melakukan segala hal. Namun, mengajarkan tanggung jawab tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Keinginannya untuk selalu bermain menjadi salah satu hambatan dalam mengajarkan tanggung jawab. Namun sulit bukan berarti tidak bisa, karena dengan mencoba beberapa tips berikut ini akan membuat anda merasa lebih mudah dalam mengarakan tanggung jawab pada anak.

Berikut ini adalah beberapa tips kreatif membuat anak lebih bertanggung jawab sebagaimana yang dikutip dari laman Kidspot yang dilansir laman Okezone.

1. Beri motivasi

Orang tua harus mengajarkan pada anak-anak bahwa pekerjaan rumah tangga adalah tanggung jawab semua anggota keluarga dan tidak ada pamrih seperti uang saku. Lebih baik beri imbalan seperti akan lebih banyak jam untuk menonton TV atau menggunakan gadget. Jangan lupa untuk mengucapan terima kasih, pelukan, dan beri pujian setiap ia selesai mengerjakan pekerjaannya. Karena anak dari segala usia berkembang ketika dipuji dan lebih cenderung untuk inisiatif membantu ketika usaha mereka diakui dan dihargai!

2. Segala sesuatu memiliki tempat

Buatlah sebuah tempat yang difungsikan untuk menyimpan barang-barang anak seperti tas sekolah, rak sepatu, rak buku untuk buku teks, dan lain-lain. Sehingga ketika selesai menggunakannya anak akan tahu di mana barang-barang tersebut harus diletakkan saat tidak digunakan. Juga, atur mainan anak dengan memiliki kotak khusus. Sehingga mainan akan lebih mudah ditemukan.

3. Mulai lebih awal

Berikan anak-anak Anda tanggung jawab sejak awal kehidupan mereka. Anak-anak dapat membantu orang tua dengan membersihkan debu, menyiram tanaman dan mengisi makanan pada mangkuk anjing. Sesuatu yang ringan namun rutin dilakukan akan mengajarkan anak agar terbiasa dengan tanggung jawab.

Nantinya ketika ia sudah dewasa, dalam melakukan pekerjaan rumah atau sesuatu yang sudah menjadi tanggung jawabnya ia bisa dengan ringan tangan menyelesaikan tugas yang sudah menjadi tanggung jawabnya.

loading...
About these ads

Loading...
Cara Melatih Anak Agar Bisa Bertanggung Jawab | akbar | 4.5