Cara Melancarkan Susah BAB – Buang Air Besar

Susah buang air besar atau BAB bisa terjadi pada siapa saja, terlebih bagi mereka yang suka menahan BAB. Ya, kebiasaan sering menahan BAB secara tidak langsung akan membuat usus terbiasa untuk tidak segera mengeluarkan kotoran yang ada di dalam perut. Karena itu, segeralah BAB ketika usus sudah mulai memberikan sinyal berupa perut terasa mulas.

Selain karena sering menahan BAB, beberapa penyebab susah BAB lainnya juga bisa karena kebiasaan makan gorengan, kurang konsumsi cairan dan masih banyak lagi lainnya.

Sementara itu, akibat dari susah BAB diantaranya adalah bisa menyebabkan perut menjadi terasa kembung, wasir atau ambeient dan yang paling parah adalah menjadi salah satu gejala kanker usus besar atau kanker kolorektal.

Karena itu, sebelum hal buruk benar-benar terjadi pada anda, maka ada baiknya bila anda segera mengatasi masalah susah buang air besar yang sedang anda alami saat ini. Berikut ini adalah beberapa cara melancarkan buang air besar yang bisa dilakukan:

1. Perbanyak minum air

Tubuh membutuhkan asupan cairan setidaknya 1,5 liter atau setara dengan 8 gelas. Asupan cairan tubuh yang tercukupi akan membuat proses pencernaan menjadi lancar. Selain itu, air juga mampu menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh.

Selain dengan minum air putih, untuk mencukupi kebutuhan cairan juga bisa dengan memperbanyak makan buah dan sayur atau juga jus.

2.Kurangi konsumsi kafein

Beberapa orang mungkin bisa menjadikan kafein yang terkandung dalam kopi dan teh sebagai solusi untuk merangsang pergerakan usus yang akan membuat perut terasa mulas sebagai indikator untuk BAB. Namun hal itu tidak bekerja pada semua orang. Bahkan ketika seseorang terlalu banyak minum kopi atau teh bisa menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi.

3.Kurangi gorengan

Kandungan minyak pada gorengan yang cukup tinggi bisa mengganggu kelancaran proses pencernaan. Karena itu, sebaiknya hindari makan gorengan bila anda bermasalah dengan susah BAB.

4.Perbanyak sayuran yang tinggi serat

Serat sulit dicerna oleh tubuh kita, serat akan menjaga cairan yang ada di usus besar tidak sepenuhnya terserap kembali oleh dinding usus sehingga tinja akan tetap lunak. Karena itu, mengonsumsi makanan berserat tinggi bisa menjadi solusi untuk menghindari sembelit atau susah BAB.

5.Perbanyak Konsumsi Pepaya

Kandungan vitamin C serta serat yang tinggi di dalam buah pepaya sangat membantu dalam proses melancarkan susah buang air besar.

6. Konsumsi Stoberi

Buah stroberi juga bisa dikonsumsi untuk membantu melancarkan BAB. Tidak hanya itu saja manfaat stroberi, karena buah ini juga kaya akan kandungan vitamin C yang sangat baik untuk kulit kita.

7. Konsumsi Pisang

Pisang dipercaya mampu melancarkan susah buang air besar. Karena itu, cobalah mengonsumsi pisang saat anda merasakan susah BAB.

8. Rajin mengonsumsi makanan mengandung probiotik seperti yogurt

Probiotik adalah organisme hidup yang jika digunakan dalam jumlah yang sesuai dapat memberi efek baik pada kesehatan organisme baik yang hidup di dalam tubuh. Ada banyak fungsi dari probiotik, mulai dari menyerap nutrisi hingga memproduksi vitamin. Pada sistem pencernaan, probiotik berfungsi untuk membantu melawan pertumbuhan bakteri jahat dan berperan dalam ekosistem usus.

loading...
Loading...
Cara Melancarkan Susah BAB – Buang Air Besar | akbar | 4.5