Cara Downgrade iOS 9 ke Versi Sebelumnya

Ada banyak fitur baru di iOS 9, namun ternyata juga memiliki beberapa kelemahan. Sejumlah pengguna iOS 9 mengeluhkan adanya masalah dengan perangkat mereka yang baru di upgrade ke iOS 9. Beberapa masalah yang muncul setelah upgrade ke iOS 9 misalnya adalah performa yang jadi lelet, baterai cepat habis hingga banyak aplikasi tak berjalan maksimal.

Berbagai cara sudah dilakukan namun perubahan yang dirasakan tidak cukup berarti. Jika sudah demikian, pastinya muncul keinginan untuk beralih kembali ke versi sebelumnya, iOS 8. Namun apakah itu bisa dilakukan? Jawabnya BISA. Ya, Apple masih memperbolehkan pengguna untuk melakukan downgrade dari iOS 9 ke iOS 8.4.1.

Tetap sebelum melakukan downgrade, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu terlebih dahulu anda harus melakukan backup personal. Karena ketika anda melakukan downgrade berarti semu data yang ada dalam perangkat anda akan terhapus semuanya.

Cara Downgrade iOS 9 ke Versi iOS 8.4.1

Proses cara downgrade iOS 9 cukup mudah dilakukan, layaknya mengupgrade iOS lewat iTunes. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kita lakukan sebagaimana dikutip dari Detikinet:

Pertama, download terlebih dahulu file IPSW iOS 8.4.1 yang sesuai dengan perangkat. Silahkan buka link http://goo.gl/Onbfvi

Kedua, nonaktifkan Find My iPhone. Caranya buka aplikasi Settings > iCloud > Find My iPhone. Geser tombol ke kiri untuk menonaktifkannya.

Gambar Cara Nonaktifkan Find My iPhone

Ketiga, tekan tombol Power dan matikan perangkat.

Keempat, pada komputer, jalankan iTunes.

Kelima, Koneksikan perangkat ke komputer dengan kabel USB. Lalu tekan tombol Power dan Home secara bersamaan, dan tahan hingga 10 detik. Lalu lepaskan tombol Power namun tetap tekan tombol Home. (lihat gambar)

Ketika ada pesan yang muncul di iTunes yang mengatakan sebuah perangkat dalam mode recovery terdeteksi barulah tombol Home dilepaskan.

Gambar Mode Recovery di iPhone

Keenam, tekan ikon perangkat di bagian atas bar iTunes. Lalu klik Summary di panel sebelah kanan.

Ketujuh, tekan tombol Restore, sembari menekan tombol Shift (Windows) atau Option (Mac).

gambar iPhone Recovery Mode

Kedelapan, pilih file IPSW iOS 8.4.1 yang telah diunduh sebelumnya. Proses downgrade pun dimulai.

Kesembilan, ketika proses downgrade selesai, layar iPhone akan tampak seperti selesai melakukan pembaruan.

Kesepuluh, ikuti instruksi pada layar untuk mengatur perangkat.

Selama mencoba. Ingat, kegagalan melakukan downgrade dari iOS 9 ke iOS 8 tanggung jawab masing-masing ya..

loading...
Loading...
Cara Downgrade iOS 9 ke Versi Sebelumnya | akbar | 4.5