Cara “CERDIK” untuk Mencegah Diabetes

Diabetes adalah kondisi dimana tubuh tidak bisa memproduksi insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau insulin tidak bekerja dengan baik.

Gejala Penyakit Diabetes

Ada 2 jenis penyakit diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Gejala yang muncul pada penderita diabetes biasanya adalah haus dan banyak minum, lapar dan banyak makan, sering kencing, menurunnya berat badan, penglihatan kabur, bila memiliki luka maka akan lama sembuhnya dan mudah terjadi infeksi bila ada luka bahkan meski hanya gatal karena digigit nyamuk yang digaruk dan lainnya.

Cara Mencegah Penyakit Diabetes

Diabetes termasuk salah satu penyakit berbahaya yang tidak bisa disembuhkan karena belum ditemukan obatnya hingga saat ini. Namun kita bisa melakukan pencegahan terhadap kemungkinan terkena penyakit diabetes. Salah satunya adalah dengan aksi CERDIK. CERDIK adalah akronim dari: Cek kesehatan, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktivitas, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres.

Aksi CERDIK akan lebih baik untuk mencegah diabetes bila dilakukan oleh orang-orang yang masih sehat.

Seseorang yang memiliki risiko diabetes muncul di antaranya akibat dari gaya hidup yang meliputi kebiasaan merokok, kurang melakukan aktivitas fisik, kurang konsumsi sayur dan buah, mengonsumsi alkohol, obesitas dan konsumsi makanan cepat saji.

Melakukan diet seimbang baik untuk mencegah diabetes sedini mungkin. Diet seimbang bisa dilakukan di antaranya dengan mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, gandum, lemak tak jenuh, produk susu dan daging tanpa lemak. Jangan hanya mengonsumsi satu jenis makanan secara berlebihan dan tidak melewatkan jam makan.

Selain itu, melakukan aktivitas fisik seperti jalan, lari bersepeda, dan berenang juga perlu dilakukan untuk mencegah diabetes. Tidak hanya itu saja melakukan latihan angkat beban juga diperlukan untuk melatih otot dan peregangan guna melatih fleksibilitas.

loading...
Loading...
Cara “CERDIK” untuk Mencegah Diabetes | akbar | 4.5