Cara Cepat dan Tepat Mencairkan Daging Beku

Cara menyimpan daging dalam freezer biasa dilakukan agar daging bisa awet sehingga bisa diolah dikemudian hari saat diinginkan. Sayangnya menyimpan daging di freezer akan membuat daging menjadi beku sehingga daging tidak bisa langsung diolah.

Untuk mengolah daging yang sebelumnya sudah dibekukan di freezer, maka terlebih dahulu daging harus dilumerkan. Tujuannya tentu saja untuk mempermudah saat diolah, bumbu makin meresap dan daging bisa matang merata.

Mungkin anda berpikir bahwa cara mudah melumerkan daging beku adalah dengan merendam di dalam air panas, namun ternyata itu salah. Karena merendam daging beku di air panas justru akan memicu perkembangan bakteri lebih cepat.

Nah, bagi anda yang ingin mengolah daging beku maka anda bisa mencoba trik berikut ini:

1. Letakkan daging dalam plastik zip

Plastik zip adalah sejenis kantung yang dilengkapi dengan penutup di atasnya. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir daging terkontaminasi bakteri saat daging beku dicairkan.

2. Siapkan wadah

Merendam adalah cara yang benar dilakukan untuk menurunkan suhu dan mencairkan daging beku. Karena itu anda perlu menyiapkan wadah untuk merendam daging beku.

3. Gunakan air dingin

Merendam daging beku tidak boleh menggunakan air panas karena dapat memicu perkembangan bakteri lebih cepat. Anda bisa menggunakan air dingin untuk merendam daging.

Walaupun cara ini cukup memakan waktu dimana anda harus menunggu sekira 30 menit, namun cara ini lebih aman ketimbang daging direndam dalam air panas. Pastikan saat daging ayam direndam, sleting plastik zip tertutup rapat agar air tidak merembes masuk ke dalam plastik.

4. Masak ayam seperti biasa

Setelah berhasil dicairkan, anda bisa mengolah atau memasak daging seperti biasanya. Untuk daging yang masih tersisa, selanjutnya bisa anda simpan kembali meski masih mentah.

Itulah tips bagaimana cara mencairkan daging beku yang benar yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
bakso ular, daging beku, cara mencairkan daging beku dari freezer, cara mengolah daging beku, mengatasi daging yang beku, resiko daging beku difresher

Cara Cepat dan Tepat Mencairkan Daging Beku | akbar | 4.5