Cara Asuh Orang Tua yang Salah Penyebab Anak Jadi Minder

Anak adalah harta tak ternilai bagi orang tua. Karena itu, setiap orang tua pastinya menginginkan yang terbaik bagi anak-anaknya. Orang tua menginginkan agar anaknya kelak tumbuh menjadi pribadi yang sempurna dan pemberani.

Namun sebagaimana manusia umumnya, orang tua juga bukan tidak mungkin membuat salah dan khilaf yang meski tidak disengaja hal itu dapat membuat seoranga anak menjadi sakit hati. Bahkan seringkali hal itu bisa membuat mental anak menjadi menciut dan minder.

Kesalahan Dalam Cara Asuh Orang Tua yang Dapat Menyebabkan Anak Menjadi Minder

Setiap orang tua pastinya tidak ingin agar anaknya kelak tumbuh menjadi pribadi yang lemah dan minder. Orang tua ingin agar anaknya kelak tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri.

Untuk mencegah agar anak tidak minder, maka orang tua harus memperhatikan pola asuh yang benar. Karena seringkali hal yang dianggap sepele justru hal itu yang menyebabkan anak menjadi minder. Berikut ini adalah beberapa tindakan yang harus dihindari orang tua karena dapat membuat mental anak jadi minder:

1. Memanggil dengan panggilan lain

Apalah arti sebuah nama. Mungkin itu yang ada di pikiran anda. Namun tahukah anda bahwa nama adalah doa dan harapan. Ketika anda seringkali menyebut anak dengan sebutan “Si pemalas” atau “Si tak tahu terimakasih” maka itu akan terus menempel pada diri mereka. Bisa jadi hal itu juga akan ditiru olehnya dan dilakukan juga pada adik atau teman-temannya. Hal ini sungguh sangat tidak baik untuk diri anak.

2. Membandingkan anak dengan orang lain

“Mengapa kamu tidak bisa lebih seperti saudaramu. Dia mendengarkan. Dia bekerja keras.” Pesan ini terdengar sebagai, “Kamu tidak cukup baik. Kamu tidak mendengarkan. Kamu pemalas.”

Mungkin anda berharap dengan membandingkan anak anda dengan orang lain hal itu akan membuat anak jadi lebih berpikir dan mau merubah sikap dan sifatnya. Anda mungkin benar, dan juga salah.

Perbandingan memang mampu memicu anak untuk lebih bersemangat mengejar prestasi. Dengan melihat kesuksesan orang lain, anak akan termotivasi untuk dapat menyamai kondisi orang tersebut. Alhasil, anak bakal memiliki motivasi dan daya juang yang tinggi. Namun, bila perbandingan dilakukan secara keliru, anak akan merasa tidak dihargai. Kepercayaan diri anak bisa tergerus bila dalam perbandingan orang tua hanya melihat kekurangan dari diri anak.

Setiap anak pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karena itu sebagai orang tua maka anda harus mampu melihat keduanya. Terima apa kekurangan dan kelebihan anak dan selalu cintai mereka apa adanya sambil terus memotivasi mereka untuk menjadi lebih baik.

3. Mengancam

Ancaman akan menekan batin anak. Tekanan ini akan mengerdilkan jiwanya. Jika dilakukan secara intens, maka anak akan menjadi tidak percaya diri dan cenderung minder.

Anda bukanlah penjahat, anda adalah orangtuanya yang seharusnya membuat anak merasa nyaman berada di dekat anda. Karena itu, jangan membuat ancaman kepada anak. Bila anak membuat kesalahan maka beri tahu kebenarannya, jangan bersembunyi dibalik kata konsekuensi. Karena memberikan ancaman kepada anak hanya akan mengajarkan keegoisan, kurangnya perspektif, dan kekuatan untuk mendapat hal yang mereka inginkan karena terlalu banyak ancaman sewaktu kecil.

Itulah beberapa perlakukan orang tua yang meski tanpa disengaja hal itu bisa membuat anak menjadi minder dan tidak percaya diri.

loading...
About these ads

Loading...
Cara Asuh Orang Tua yang Salah Penyebab Anak Jadi Minder | akbar | 4.5
anak kecil di ewe, cara mengajak selingkuh istri orang lain