Cantiknya Taman Laut Nasional Bunaken, Orang Indonesia Wajib Kesana!

Mungkin anda pernah mendengar tentang indahnya Taman Laut Nasional Bunaken. Taman Laut Nasional yang satu ini memang sangat terkenal di dunia internasional sebagai salah satu yang terindah.

Rasanya tidak afdol kita sebagai orang Indonesia jika belum mengetahui seberapa indah taman nasional ini. Taman laut nasional ini selalu menjadi salah satu kebanggan para penyelam dan penikmat keindahan bawah laut di seluruh dunia.
Taman Laut Nasional Bunaken mempunyai luas 75.265 Ha. Kawasan ini sangat luas bukan. Dalam taman laut nasional ini terdapat lima pulau dan juga anak pulau kecil yang ada di kelilingnya. Kelima pulau ini berpenghuni dengan jumlah populasi yang tersebar sekitar 21.000. Kelima pulau tersebut adalah Pulau Bunaken, Pulau Naen, Pulau Manado Tua, Pulau Mantehage dan Pulau Siladen.

Taman Laut Nasional Bunaken tentu saja terkenal dengan pemandangan bawah lautnya yang begitu menakjubkan. Anda bisa menyelam dan snorkeling di kawasan Bunaken ini. Anda akan dibuat terpesona dengan 3000 spesies ikan yang hidup di bawah laut Bunaken ini, namun tidak semua dapat dilihat di titik penyelaman.

Meski kawasan Taman Laut Nasional ini sangat luas, namun kegiatan untuk menyelam dan snorkeling dibatasi. Menyelam dan snorkeling hanya diperbolehkan di sekitaran pantai dan sekitar ke lima pulau besar tersebut. Mungkin anda berpikir bahwa kawasan yang bisa dijadikan tempat menyelam sangat terbatas. Faktanya, ada 20 titik atau spot penyelaman yang bisa anda nikmati.

Seperti yang dituliskan di atas, di Kawasan Bunaken ada sekitar 3000 spesies ikan. Namun tidak semua berada di titik-titik penyelaman. Ketika anda menyelam di salah satu titik penyelaman Bunaken, anda hanya dapat menikmati sekitar 150 spesies ikan.

Terumbu karang yang berwarna-warni bisa menjadi sesuatu yang sangat memesona mata. Anda tidak akan merasa bosan ketika mengunjungi Taman Laut Nasional Bunaken untuk menikmati berbagai keindahannya.

Akses untuk menuju Taman Laut Nasional Bunaken ini sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan perahu motor yang berangkat dari Teluk Manado. Jadi, jika anda berasal dari luar kota, tujuan pertama anda adalah mencapai Pantai Teluk Manado.

Setelah sampai di salah satu taman laut terindah di dunia, anda harus membayar tiket untuk bisa masuk. Ada dua jenis tiket yang bisa anda beli, yakni tiket sekali masuk dan tiket yang berlaku untuk satu tahun.

Untuk tiket yang berlaku hanya sekali masuk dikenai tarif 50 ribu, sedangkan yang bisa digunakan untuk setahun harganya 150 ribu. Jika anda dapat dipastikan mengunjungi Bunaken setidaknya 4 kali dalam setahun, sebaiknya anda membeli tiket yang bisa berlaku dalam satu tahun. Ini akan menghemat biaya yang dikenakan untuk masuk ke kawasan Taman Laut Nasional Bunaken.

Akomodasi yang tersedia di Bunaken bisa dikatakan cukup lengkap. Anda bisa menemukan banyak hotel untuk menginap. Salah satu hotel yang sering jadi rekomendasi bagi wisatawan adalah Bunaken Divers Sea Breeze Resort dan Bunaken Island Dive Resort. Hotel tersebut berada di Pulau Bunaken.

Bagi anda yang belum memiliki kemampuan untuk menyelam, anda bisa menyewa alat selam sekaligus dengan instrukturnya. Hal ini untuk memastikan bahwa anda benar-benar aman dengan seseorang yang mempunyai pengetahuan memadai dalam dunia penyelaman.

Instruktur penyelaman telah berpengalaman melatih wisatawan dari berbagai belahan dunia. Untuk itu, mereka menguasai beberapa bahasa asing untuk mencegah kesulitan dalam berkomunikasi.

loading...
Loading...
Cantiknya Taman Laut Nasional Bunaken, Orang Indonesia Wajib Kesana! | akbar | 4.5