Buah yang Bermanfaat untuk Membersihkan Usus

Sistem pencernaan akan bekerja secara maksimal dan lebih baik bila kondisi usus kita bersih. Selain itu, usus yang bersih juga akan mencegah seseorang terkena kanker usus besar.

Salah satu manfaat yang akan dirasakan bila memiliki usus bersih adalah kita tidak akan mudah mengalami yang namanya perut kembung. Tidak hanya itu saja, manfaat usus yang bersih juga akan membuat kita lebih mudah dalam mengontrol berat badan.

Cara Membersihkan Usus

Panjang sistem saluran pencernaan manusia mencapai 6 kali tinggi badan atau sekitar 10 meter pada orang dewasa. Dalam jangka waktu panjang seiring dengan bertambahnya usia seseorang maka sistem pencernaan akan dikotori oleh sisa makanan yang tidak terbuang yang rata–rata beratnya bisa mencapai 3 – 11 kg. Kotoran tersebut akan membusuk dan mengeluarkan zat–zat beracun di dalam usus kita. Zat racun /toxin ini terserap oleh usus dan menjadi sumber segala penyakit yang berbahaya.

Layaknya selang air yang sudah dipenuhi lumut hijau di dalamnya, maka bagian dalam usus kita juga akan penuh dengan tumpukan kotoran yang akan membuat saluran pencernaan menjadi tidak lancar jika tidak pernah dibersihkan. Lalu, bagaimana cara membersihkan usus?

Ada cara yang alami untuk membersihkan usus. Salah satu caranya adalah dengan membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan sehat yang mampu membantu mengeluarkan racun dari dalam usus. Misalnya dengan buah.

Sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky, beberapa jenis buah yang dapat bermanfaat untuk membersihkan usus diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Alpukat

Dengan kandungan omega 3 yang tinggi dalam buah alpukat menjadikan buah ini mampu membersihkan usus besar. Dalam hal ini omega 3 bertindak sebagai minyak pelumas pada dinding usus sehingga semua sisa makanan dapat luruh.

2. Apel

Buah apel memiliki kandungan salah satu nutrisi yaitu pektin yang mampu mengikat bahan kimia dan logam berat di dalam tubuh.

3. Raspberry

Buah raspberry memiliki kandungan serat yang mampu membersihkan usus besar dan juga hati.

4. Stroberi

Mengonsumsi secara rutin setiap hari buah stroberi memiliki manfaat untuk membersihkan dan mendetoks usus besar secara alami.

5. Blueberry

Buah blueberry memiliki kandungan aspirin alami yang membantu mengurangi kerusakan akibat peradangan. Tidak hanya itu saja, buah blueberry juga bertindak sebagai antibiotik yang mencegah infeksi bakteri di saluran kemih.

6. Jeruk bali

Jeruk bali memiliki kandung serat pektin yang bermanfaat untuk mengikat kolesterol di dalam tubuh serta mampu membersihkan virus berbahaya di dalam usus.

7. Lemon

Air perasan jeruk lemon dan air hangat merupakan minuman yang baik untuk membantu proses kelancaran detoksifikasi di dalam tubuh. Selain itu, air lemon juga memiliki manfaat diuretic yang dapat membantu mengatasi problem ginjal dan liver sehingga lemak jahat tidak sampai mengganggu fungsi organ dalam.

Itulah beberapa contoh buah yang dapat digunakan untuk membantu membersihkan usus atau saluran pencernaan. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Buah yang Bermanfaat untuk Membersihkan Usus | akbar | 4.5