Buah Sehat Penurun Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

Hipertensi kini banyak diderita oleh masyakat, dan bisa jadi mungkin anda adalah satu dari sekian banyak orang yang menderita hipertensi.

Penyebab hipertensi atau tekanan darah tinggi umumnya adalah karena pola hidup yang tidak sehat. Biasanya adalah karena makanan. Meski hipertensi memang tidak secara langsung akan menyebabkan kematian, namun perlu disadari bahwa hipertensi bisa menjadi penyebab utama dari penyakit selanjutnya yang bisa berujung pada kematian,

Buah Penurun Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Menjaga pola hidup sehat, yaitu dengan mengkonsumsi makan sehat sangat penting dan perlu dilakukan untuk menghindari kematian yang merupakan akibat tidak langsung dari hipertensi. Salah satnya adalah dengan mengonsumsi buah setiap hari. Mengkonsumsi buahan menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan seseorang untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Berikut ini adalah contoh buah yang bisa dikonsumsi setiap hari untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

1. Mengkudu

Baunya mungkin tidak sedap, namun buah mengkudu merupakan buah yang bergizi lengkap. Buah mengkudu memiliki kandungan nutrisi yang cukup seperti protein, viamin, dan mineral penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Selenium, adalah salah satu mineral yang terkandung dalam buah mengkudu yang merupakan antioksidan yang luar biasa.

2. Ketimun

Ketimun bisa dikonsumsi langsung, dibuat lalapan atau dibuat jus. Selain bermanfaat untuk kecantikan, ketimun juga bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini karena pada buah ketimun terkandungan potasium yang tinggi yang berguna untuk mengurangi tekanan darah yang tinggi.

3. Blewah

Blewah adalah contoh dari sekian banyak buah penurun hipertensi yang layak untuk anda konsumsi. Sama seperti halnya pada buah ketimun, pada blewah juga terkandungan potasium yang tinggi yang baik untuk mengurangi tekanan darah.

4. Tomat

Tomat bisa dibuat menjadi minuman jus, juga bisa dimakan langsung atau dicampurkan dalam masakan sebagai bumbu. Bagi kesehatan, buah tomat memiliki manfaat karena bisa untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini sebagaimana hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Ben Gurion untuk menguji tomat sebagai penurun darah tinggi selama 16 minggu terhadap 31 orang. Hasilnya diketahui bahwa mereka yang mengonsumsi ekstrak tomat selama 16 minggu menunjukkan bahwa tomat menurunkan rata-rata 10 poin tekanan darah sistolik (saat jantung berkontraksi) dan rata-rata 4 poin tekanan darah diastolik (saat jantung berelaksasi).

Itulah beberapa contoh buah penurun hipertensi yang bisa anda konsumsi setiap harinya untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi serta menjaga agar tekanan darah selalu dalam kondisi normal. Dengan tekanan darah yang normal dan stabil, maka resiko kematian akibat penyakit berbahaya yang disebabkan oleh hipertensi akan dapat dihindari.

loading...
Loading...
Buah Sehat Penurun Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi | akbar | 4.5