Boleh Tidak Menggunakan Sabun Wajah untuk Tubuh?

Jerawat adalah satu dari sekian banyak masalah kulit yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Daerah dari bagian tubuh dimana jerwat paling sering muncul adalah di wajah, dan ini tentunya sangat dirasakan mengganggu.

Salah satu cara yang biasa dilakukan untuk mencegah dan menghilangkan jerawat di wajah adalah dengan menggunakan sabun muka. Yang tujuan awalnya sabun jenis ini memang digunakan untuk membersihkan bagian wajah dimana bagian ini lebih sensitif daripada bagian tubuh lainnya. Harapannya dengan memakai sabun muka maka wajah akan menjadi bersih dari kotoran dan tentu saja jerawat tidak akan muncul lagi.

Faktanya, jerawat ternyata tidak hanya muncul di wajah saja. Beberapa daerah bagian tubuh yang sering muncul jerawat adalah misalnya daerah dada, punggung, dan juga bahu. Lantas, apakah penggunaan sabun muka untuk tubuh diperbolehkan?

Mengatasi Jerawat di Dada, Punggung dan Bahu dengan Sabun Muka

Karena sabun muka biasanya digunakan untuk mencegah dan menghilangkan jerawat, maka tidak sedikit orang yang berpikir untuk juga menggunakan sabun muka untuk mengatasi jerawat di tubuh.

loading...

Menurut Rachel Nazarian, MD, dari Schweiger Dermatology Group, sabun wajah bisa saja digunakan pada bagian tubuh selain wajah.

“Sejak kulit wajah menjadi lebih sensitif daripada kulit bagian tubuh lainnya, hal ini juga membuat sabun muka tidak masalah untuk diaplikasikan di bagian tubuh selain wajah. Apakah anda terbiasa menggunakan sabun muka berbentuk batang, cair, ataupun scrub, jerawat pada bagian tubuh lainnya juga dapat dihilangkan dengan sabun tersebut. Namun, karena paparan polutan sehari-hari, keringat, dan minyak yang dihasilkan oleh kulit, lebih baik menggunakan produk untuk tubuh yang berjerawat secara rutin,” jelas Rachel, seperti dilansir MarieClaire.

Walau demikian, sebelum muncul masalah jerawat di badan, maka ada baiknya bila anda menghindari mucnulnya jerawat sejak dini.

Cara Mencegah Jerawat

Adapun cara mencegah jerawat dengan tepat yang bisa dilakukan diantaranya adalah dengan langkah seperti berikut ini. Diantaranya:

Tip yang pertama:
Sebaiknya pilihlah bahan busana dari katun selama musim panas. Hindari penggunaan busana yang bisa menimbulkan panas, serta keringat di tubuh anda.

Tips yang kedua:
Bila anda terpapar sinar matahari yang panas, maka sebaiknya gunakan tisu atau kain untuk menghapus keringat dan kotoran yang menempel pada kulit.

Tips yang ketiga:
Tidak hanya wajah yang membutuhkan beauty sleep, tubuh pun juga memerlukan hal yang sama. Karena itu sebaiknya atur suhu di kamar tidur dan gunakan pakaian yang membuat tubuh anda dapat bernapas dan tetap kering saat tidur.

Tips yang keempat:
Gunakanlah tabir surya atau sunscreen. Manfaat dari pemakaian tabir surya adalah untuk mengecilkan pori-pori kulit. Dengan cara ini maka kulit akan bebas minyak dan mencegah dari timbulnya jerawat.

loading...
Loading...
Boleh Tidak Menggunakan Sabun Wajah untuk Tubuh? | akbar | 4.5