Bisa Jadi Anda Mengidap Penyakit Thalassemia

Thalassemia adalah penyakit turunan yang yang cukup banyak terjadi di Indonesia. Tidak ada gejala penyakit Thalassemia yang khas dari penyakit ini. Karena itu, ada baiknya mengenali thalassemia dan juga mendeteksi penyakit tersebut. Thalassemia merupakan penyakit kelainan darah yang membuat sel darah merah akan udah rusak dan juga umurnya lebih pendek dari sel darah normal dimana kurang dari 120 hari. Hal ini ditandai dengan anemia, muka pucat, insomnia, nafsu makan berkurang dan juga infeksi.

Penyebab Penyakit Thalassemia

Thalassemia sendiri terjadi disebabkan ketidakmampuan sumsum tulang untuk menghasilkan protein yang dibutuhkan oleh hemoglobin. Hemoglobin sendiri adalah protein kaya zat besi di dalam sel darah merah serta berfungsi guna mengangkut oksigen dari area paru-paru ke bagian tubuh yang membutuhkan energi. Apabila produksi hemoglobin tersebut berkurang, maka pasokan energi sendiri juga tidak ada.

Tingkatan Penyakit Thalassemia

Ada beberapa tingkat Thalassemia. Berikut tingkatannya

Thalassemia Mayor

Pengidap thalassemia mayor tidak memiliki gejala di awal kelahiran. Baru di usia 3 sampai 18 bulan sudah terlihat dengan gejala anemia serta detak jantung lebih kencang. Facies cooley menjadi salah satu ciri khas thalassemia mayor dengan tanda batang hidung masuk ke dalam dan juga tulang pipi terlihat menonjol disebabkan sumsum tulang bekerja keras guna mengatasi kekurangan Hemoglobin. Pengidap penyakit tersebut harus menjalani transfusi darah dan juga pengobatan seumur hidup. Tanpa perawatan intensif, penderita hanya akan hidup 1 hingga 8 tahun lagi.

Thalassemia Minor

Pengidap thalassemia minor, tidak memiliki gejala khusus. Biasanya penyakit thalassemia akan menularkan kepada anak-anaknya yang bisa mengidap penyakit Thalassemia Major. Pengidap penyakit ini disebut juga sebagai pembawa sifat thalassemia. Thalassemia minor tidak perlu transfusi darah.

Thalassemia Intermedia

Thalassemia intermedia adalah penyakit diantara thalassemia mayor dan thalassemia minor. Pengidap thalassemia intermedia memerlukan tranfusi darah dan bisa hidup hingga dewasa. Dan mereka bisa menularkan kepada anak-anaknya nanti. Untuk memeriksakan apakah anda terkena Thalassemia adalah dengan memeriksakan kadar sel darah merah di laboratorium.

loading...
Loading...
Bisa Jadi Anda Mengidap Penyakit Thalassemia | akbar | 4.5