Berjemur, Obat Mujarab untuk Asma

Penderita asma kini bisa sedikit merasa lega dengan penyakit yang diderita. Pasalnya, dengan berjemur di bawah sinar matahari saat pagi, penyakit asma bisa diatasi.

Sebuah kelompok tim peneliti dari King College, London mengatakan, rendahnya tingkat vitamin D yang dihasilkan oleh tubuh berkaitan dengan kesulitan bernapas pada penderita asma ketika saluran udara menjadi meradang, bengkak, dan menyempit.

Penelitian terbaru menunjukkan, vitamin bisa menenangkan sistem kekebalan tubuh yang over aktif pada tubuh si penderita asma. Namun, pengobatan pasien dengan vitamin D tersebut masih belum diuji.

Prof. Catherine dan kelompoknya meneliti dampak vitamin pada bahan kimia dalam tubuh, yaitu interleukin-17 yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu melawan infeksi.

Selain itu, Prof Catherine dan tim juga melakukan uji klinis untuk melihat apakah pemberian vitamin sinar matahari untuk pasien bisa meredakan gejala asma mereka. Tim melihat bahwa pasien yang tidak menanggapi steroid dikarenakan tubuh mereka menghasilkan tujuh kali lebih interleukin-17 dibandingkan pasien lain.

Seperti dilansir ZeeNews, Selasa (21/5/2013), bahan kimia tersebut dapat menyebabkan masalah ketika tingkatnya terlalu tinggi, yang sudah sangat terlima dalam asma. Dalam studi tersebut, kadar interleukin-17 dibawa turun oleh vitamin D, ketika ditambahkan dengan sampel darah yang diambil dari 28 orang pasien.

Uji klinis saat ini sedang dilakukan oleh para peneliti untuk melihat apakah menyerap sinar matahari dapat mengurangi gejala pasien atau tidak.

Penelitian ini sendiri telah dipublikasikan dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology.

loading...
Berjemur, Obat Mujarab untuk Asma | lawas | 4.5