Begini Caranya Memutihkan Bantal yang Sudah Mulai Menguning

Seiring berjalannya waktu, maka bantal putih yang biasa digunakan untuk sandaran kepala saat tidur bisa berubah warna menjadi kuning. Hal ini tentu akan membuat kita menjadi tidak nyaman. Adapun penyebab dari bantal yang menguning biasanya adalah karena paparan keringat saat kita tidur. Juga bisa terjadi karena minyak rambut yang kita gunakan.

Karena saat tidur tubuh kita pun tetap akan berkeringat. Hal ini berguna untuk menyesuaikan suhu tubuh dengan suhu ruangan tempat tidur, dengan deikian tidak akan menjadi lebih nyaman. Beberapa bahan bantal akan menyerap keringat yang ketika kering akan menjadi noda berwarna kuning.

Walaupun sebenarnya kita sudah menggunakan sarung bantal, namun noda kuning yang disebabkan oleh keringat tetap bisa saja muncul. Mengganti dengan bantal yang baru tentu adalah solusi yang mudah dilakukan. Namun apakah harus selalu demikian caranya? Tentu saja tidak.

Ada baiknya untuk jangan buru-buru membuang bantal yang sudah mulai menguning karena keringat tersebut dan menggantinya dengan yang baru. karena ada cara untuk mencuci dan membuat bantal menjadi putih kembali.

Siapkan bahan-bahan pembersih seperti berikut ini:

Air Panas
1 cangkir deterjen
1 cangkir pemutih pakaian
½ cangkir boraks

Cara Mencuci Bantal yang Sudah Menguning

:

1. Sebelum memulai proses pencucian bantal, terlebih dahulu kita cek ulang label di bantal apakah bantal tersebut dapat dicuci di mesin cuci, juga apakah berbahaya bila kita menggunakan pemutih? Bila ternyata pemutih pakaian tidak disarankan untuk bantal tersebut, maka bisa kita ganti dengan perasan lemon dan baking soda.

2. Buka sarung bantal, dan kain penutup bantal lainnya.

3. Isi mesin cuci dengan air panas hingga 1/3 tabung.

4. Masukkan campuran bahan pembersih dan mulai nyalakan mesin. Biarkan beberapa saat agar tercampur dengan air panas.

5. Setelah bahan pembersih tercampur rata, masukkan bantal-bantal tersebut. Maksimalkan dua bantal dalam satu waktu pencucian agar mesin cuci tidak terlalu berat pada saat memutarnya.

6. Putar bantal tersebut dalam beberapa menit, dan juga balik-balikkan bantal agar bahan pembersih dapat mengenai semua bagian bantal.

7. Ulangi proses pencucian bantal tersebut sebanyak dua kali untuk hasil yang lebih maksimal.

Cara Mengeringkan Bantal yang Sudah Dicuci

Bila bantal yang kita cuci tersebut adalah berbahan bulu, maka bisa kita menjemurnya di udara luar, namun bila bantal tersebut berbahan sintetis maka bisa kita mengeringkannya langsung di mesin cuci.

Untuk tips cara mengeringkan bantal di mesin cuci, yaitu bisa dilakukan dengan cara menambahkan beberapa bola tenis yang sudah ditutupi oleh kaos kaki bersih agar bentuk bantal tidak berubah. Setelah dikeringkan di mesin cuci tetap di jemur di bawah sinar matahari untuk hasil yang maksimal.

Selain dengan cara mencuci bantal yang menguning menggunakan mesin cuci seperti di atas, kita juga bisa menggosok noda kuning yang ada di bantal dengan cara manual yaitu dengan menggunakan baking soda dan cuka. Caranya adalah dengan mencampurkan baking soda dan cuka hingga berbentuk pasta, selanjutnya gosokkan di bagian noda dan cuci bersih seperti biasa.

Sementara untuk cara menghilangkan bakteri dan kotoran lain yang menempel di bantal. Caranya bisa dilakukan dengan cara merendam bantal di dalam air panas, lalu tambahkan potongan buah lemon dan juga beberapa bubuk baking soda, biarkan selama beberapa menit. Kemudian cuci dengan tangan atau bisa juga di dalam mesin cuci. Tambahkan deterjen dan juga baking soda dalam proses pencucian bantal.

loading...
Loading...
cara menghilangkan rasa panas akibat semen, cara mengatasi panas semen, cara memutihkan bantal

Begini Caranya Memutihkan Bantal yang Sudah Mulai Menguning | akbar | 4.5