Bahaya Sering Mengonsumsi Penyedap Rasa Makanan atau MSG

Sudah menjadi kebiasaan bahwa dalam setiap membuat masakan kita selalu menambahkan penyedap rasa atau yang kita kenal dengan MSG, Micin atau Vetsin. Namun, tahukah anda bahwa menambahkan penyedap rasa bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh kita?

Sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky, ada beberapa dampak buruk akibat dari sering mengonsumsi penyedap rasa. Berikut beberapa diantaranya:

Jantung
Mengonsumsi MSG bisa memacu detak jantung lebih cepat. Selain itu, rasa nyeri dibagian dada juga tidak terelakkan.

Pusing
Pusing merupakan dampak buruk yang paling umum dari mengonsumsi MSG. Selain itu, MSG berpotensi menjadi migrain dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan lain yang berulang.

Gugup
Konsumsi MSG juga bisa meningkatkan rasa gugup, mati rasa, kesemutan atau sensasi terbakar di wajah dan leher. Orang yang banyak mengonsumsi MSG lebih sering mengantuk dan tubuhnya lemak. Selain itu, MSG juga meningkatkan risiko penyakit neurodegeneratif seperti Parkinson, Alzheimer, dan sclerosis.

Bahaya untuk wanita dan anak-anak
MSG juga bisa memengaruhi kesuburan wanita. Selain itu, MSG juga tidak cocok untuk anak-anak karena bisa meningkatkan risiko terhadap gangguan organ tubuh.

Masalah kesehatan yang lain
Bahaya lain dari seringnya konsumsi MSG yakni tekanan darah, gangguan lambung, tiroid, diabetes tipe 2, obesitas, asma. Selain itu, MSG juga bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon, autis, alergi hingga kerusakan retina.

Nah, sebagai gantinya, anda bisa menggunakan penyedap rasa alternatif dari bahan alami. Atau setidaknya, kurangilah jumlah penggunaan penyedap rasa dari yang biasanya anda tambahkan dalam setiap masakan keluarga.

loading...
About these ads

Loading...
Bahaya Sering Mengonsumsi Penyedap Rasa Makanan atau MSG | lawas | 4.5