Bahaya Sering Memakai Helm, Bisa Menyebabkan Kebotakan

Helm merupakan salah satu alat keselamatan yang wajib dikenakan oleh pengendara khususnya sepeda motor. Manfaat dari memakai helm ini tidak lain adalah untuk melindungi kepala dari benturan keras yang mungkin terjadi ketika mengalami kecelakaan. Karena itu, pastikan untuk memakai helm yang sudah berstandar SNI.

Karena di dalam kepala ada organ yang sangat penting dimana ia memiliki fungsi untuk mengontrol seluruh anggota tubuh kita, yaitu otak. Ketika otak kita mengalami gangguan yang mungkin terjadi karena benturan pada saat mengalami kecelakaan, maka ini bisa fatal akibatnya. Karena itulah maka kita wajib memakai helm saat berkendara naik sepeda motor.

Dengan fungsi helm yang sangat penting, yaitu untuk melindungi kepala dari benturan, ternyata helm juga bisa memberikan masalah, yaitu salah satunya adalah menyebabkan kebotakan terutama pada kaum pria.

Pemakaian pelindung kepala seperti helm dan topi menyebabkan rambut rontok, demikian menurut penjelasan dari ahli dermatologist dan hair transplant surgeon, Dr Sah Gaurang Khrisna, MD (AIIMS). Hal tersebut dikarenakan oleh sebab kulit kepala yang tidak bisa bernapas sehingga rambut cepat untuk rontok dan patah. Tidak hanya itu saja, rambut rontok juga bisa terjadi karena rambut yang kotor sehingga menyebabkan infeksi untuk kerontokan rambut.

Adapun cara untuk mencegah kerontokan rambut karena sering memakai helm bisa dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya:

Saat memakai dan memasangkan helm sebaiknya lakukan dengan hati-hati dan pelan-pelan. Karena bila dilakukan terlalu kasar akan menyebabkan rambut rontok dengan mudah.

Pastikan untuk selalu membersihkan pelindung kepala. Atau anda juga bisa memakai penutup untuk melindungi kulit kepala.

Jangan biasakan untuk bergonta ganti helm dengan orang lain. Hal ini untuk mencegah penularan bakteri dan jamur yang mungkin menjadi penyebab infeksi yang menyebabkan terganggunya pertumbuhan rambut.

Jika memungkinkan, pastikan untuk secara berkala mencuci helm atau setidaknya semprotkan produk anti bakteri.

Menjemur helm dibawah terik sinar matahari juga bisa mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang tidak baik bagi kesehatan rambut dan kulit kepala.

loading...
Loading...
Bahaya Sering Memakai Helm, Bisa Menyebabkan Kebotakan | akbar | 4.5