Bahaya Minuman Berenergi, Bisa Picu Serangan Jantung

Ternyata minuman energi memiliki pengaruh yang cukup berbahaya. Pasalnya minuman berenergi ini bisa menyebabkan serangan jantung mendadak. Bukan untuk remaja dan dewasa saja. Namun minuman berenergi ini bisa membuat jantung akan bergerak cepat dan melebihi ambang batas jika tidak dibarengi dengan kerja yang cukup cepat dan dinamis.

Dilansir dari Mirror beberapa waktu lalu, popularitas minuman berenergi saat ini sudah cukup banyak berkembang di kalangan remaja sekitar 10 hingga 19 tahun. Mereka memiliki anggapan bahwa minuman ini bisa membuat mereka tidak lelah dan juga meningkatkan kekuatan fisik dan juga mental.

Jika memiliki penyakit jantung bawaan, tentu saja berisiko sangat tinggi untuk terkena Sudden arrhythmic death syndrome atau SADS yang merupakan gangguan ritme jantung yang bisa membuata mereka mengalami kematian mendadak. Dan detak jantung yang tidak menentu atau Atrial Fibrilasi ini saat ini sudah banyak dialami oleh para pria yang berlatih bola dengan mengkonsumsi minuman energi secara berlebihan.

Dan menurut para peneliti, hampir semua minuman berenergi memiliki kandungan kafein yang banyak disamarkan sebagai kafein di dalam kopi. Namun kandungannya adalah guarana yang merupakan tanaman Brasil yang memiliki kandungan kafein hingga 2 kali lipat.

Produsen mengatakan bahwa guarana dan zat lain seperti ginseng dan taurin yang terdapat di dalam minuman berenergi ini sudah disamarkan. Menurut penelitian, sekitar 3 tahun terakhir ini terdapat 2.000an anak-anak harus masuk rumah sakit diakibatkan menderita efek samping dari minuman berenergi. Mereka mengalami gangguan jantung dan juga detak jantung tidak normal yang bisa menyebabkan kematian mendadak. Hal ini bisa disebabkan wanita hamil mengkonsumsi minuman berenergi.

loading...
Loading...
Bahaya Minuman Berenergi, Bisa Picu Serangan Jantung | akbar | 4.5